HOT NEWS

Tak Puas Soal Kenaikan Gaji, Pilot British Airways Rencanakan Mogok Kerja Besar-Besaran

Selasa, 23 Juli 2019 09:00
Penulis : Remi
Tak Puas Soal Kenaikan Gaji, Pilot British Airways Rencanakan Mogok Kerja Besar-Besaran

Sumber: British Airways

Angkasa.news - Pilot British Airways berencana akan menggelar aksi mogok kerja selama periode liburan musim panas mendatang. Keputusan ini diambil menyusul ketidakpuasan para pilot akan kenaikan gaji selama tiga tahun sebesar 11,5% yang mereka anggap sangat kecil.

Asosiasi Pilot Maskapai Penerbangan Inggris (Balpa) mengatakan, 93% anggotanya memilih mendukung aksi ini. Pemogokan tersebut diprediksi akan menyebabkan gangguan operasional yang cukup parah. Pasalnya, 90% pilot British Airways adalah anggota Balpa.

British Airways menyatakan kekecewaannya terhadap aksi ini. Pihak maskapai mengatakan, rencana tersebut akan mengancam rencana perjalanan ribuan pelanggan mereka.

Pihak serikat pilot sendiri sebenarnya belum memiliki tanggal pasti untuk aksi mogok itu. Mereka masih berharap bahwa perselisihan itu dapat diselesaikan.


"British Airways tetap terbuka dengan serikat pekerja dan terus mengejar setiap kemungkinan agar rencana perjalanan pelanggan kami tetap terjamin," ujar British Airways dalam pernyataan resminya,

Sebelumnya diberitakan bahwa pilot telah menolak kenaikan gaji sebesar 11,5% selama tiga tahun, yang menurut maskapai adalah sebuah keputusan yang "adil dan murah hati". Namun, Balpa berpendapat bahwa para anggotanya layak mendapatkan kenaikan yang lebih baik, karena perusahaan telah menghasilkan keuntungan yang sehat.

Sekretaris Jenderal Balpa Brian Strutton mengatakan, dukungan terhadap aksi ini menunjukkan tekad kuat dari pilot British Airways. Ia menambahkan, British Airways harus mengajukan tawaran kenaikan gaji yang lebih masuk akal jika ingin aksi mogok tersebut batal.

"Kami tidak ingin merepotkan pelanggan kami, itulah sebabnya kami telah mencoba untuk menyelesaikan masalah ini melalui negosiasi mulai November lalu. Namun British Airways yang telah memilih untuk menarik masalah ini sampai menjelang musim panas," tambahnya.

"Kami saat ini tidak memiliki tanggal untuk aksi tersebut. Kami tetap berharap bahwa perselisihan ini dapat diselesaikan sebelum aksi mogok digelar," tambah Strutton.

British Airways adalah bagian dari International Airlines Group (IAG), yang juga memiliki maskapai penerbangan Spanyol Iberia. Tahun lalu, kelompok usaha ini melaporkan laba sebelum pajak sebesar Rp47 triliun, naik hampir 9,8% dari tahun sebelumnya. British Airways sendiri berkontribusi menyumbang laba sebesar Rp35 triliun.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.