HOT NEWS

Tak Bisa Ke Lain Hati, Pakistan Akan Borong 36 Mirage V Mesir

Rabu, 04 September 2019 20:30
Penulis : Beny Adrian
Tak Bisa Ke Lain Hati, Pakistan Akan Borong 36 Mirage V Mesir

Mirage V milik Mesir. Sumber: sputniknews

Angkasa.news – Pesawat tempur Mirage V yang sudah lama dikandangkan oleh Mesir, akan segera menghuni rumah barunya di Pakistan.

Angkatan Udara Pakistan diperkirakan akan menandatangani kontrak dengan Mesir untuk membeli 36 pesawat tempur Dassault Mirage V yang ditingkatkan kemampuannya.

Kedua negara telah menegosiasikan kontrak selama bertahun-tahun dan sekarang kontrak akan direalisasikan karena Angkatan Udara Pakistan mengingnkan jet tempur ini memperkuat skadron yang ada.

“Negosiasi untuk membeli 36 pesawat ini hampir mencapai tahap akhir,” ujar salah seorang sumber yang akrab dengan tahap negosiasi.

Armada Mirage V sejatinya sudah dipensiunkan dari Angkatan Udara Mesir. Pakistan akan memperbaikinya sebelum menempatkan Mirage di garda depan.

Mirage V ini akan menerima helm canggih, pod misi, dan kemampuan serang malam.

Pakistan akan meningkatkan kemampuan jet ini sebelum mengoperasikannya, seperti di masa lalu ketika meningkatkan puluhan Mirage III/ V dengan radar Italia dan elektronik lainnya di pabrik Mirage Rebuild, yang didirikan Angkatan Udara Pakistan tahun 1978

Angkatan Udara Pakistan telah mengoperasikan Mirage selama lima dekade terakhir, meskipun ada tambahan JF-17. Pakistan berencana mempertahankan Mirage selama belum ada pengganti yang lebih baik.

Selama lima dekade terakhir, Pakistan telah membeli hampir 150 Mirage III/ V. AU Pakistan di masa lalu juga membeli Mirage III bekas pakai Australia.

Mirage V adalah varian serang darat khusus dari Mirage III, dengan ruang lebih besar untuk bahan bakar sebagai pengganti avionik.

Mirage mendapat perhatian besar pada awal Februari ketika Angkatan Udara India melakukan serangan udara menggunakan Mirage 2000 untuk menghancurkan dugaan infrastruktur teror di Balakot di Pakistan.



Komentar