HOT NEWS

TAI Ajak Malaysia Kembangkan Jet Tempur TF-X

Selasa, 14 Januari 2020 14:00
Penulis : Remigius Septian
TAI Ajak Malaysia Kembangkan Jet Tempur TF-X

Sumber: Turkish Aerospace Industries

Angkasa.news - Perusahaan Turki yang dimiliki pemerintah mengundang Malaysia untuk bergabung dengan program pengembangan pesawat temput TF-X. Ini merupakan babak baru setelah Ankara didepak dari program F-35 Joint Strike Fighter yang dipimpin AS.

Temel Kotil, CEO Turkish Aerospace Industries (TAI) mengatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu respons dari Malaysia. Tahun lalu, TAI menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa negara Asia lainnya untuk produksi bersama komposit TF-X.

Selain Malaysia, TAI juga mempertimbangkan Indonesia, Pakistan, Bangladesh dan Kazakhstan sebagai mitra potensial atau pembeli potensial dari jet tempur masa depan itu.


"(TF-X) akan menjadi jet tempur besar pertama umat Islam," kata Kotil. “Membangun pesawat terlebih dahulu dan kemudian menjualnya adalah modalitas. Tetapi kami pikir lebih baik jika kami menggandeng mitra dari negara lain pada tahap ini," tambahnya.

Perusahaan juga mengundang Malaysia untuk bermitra dengan Hurkus, sebuah pesawat latih dan serang ringan yang juga dikembangkan oleh Turki.

Sementara itu, pemerintah Turki ingin menghidupkan kembali pembicaraan dengan Rolls-Royce untuk desain dan produksi TF-X. Desember lalu, Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan bahwa pemerintah ingin bergerak maju dengan kerjasama yang direncanakan dengan Inggris untuk produksi pesawat tersebut. Tetapi Turki pertama-tama harus memilih mesin untuk TF-X dan kemudian menyelesaikan desain penuh pesawat. Rangkaian proses ini disebut-sebut telah mengalami keterlambatan dari target awal.

Sebelumnya, Rolls Royce dan Kale Group telah membuat kesepakatan US$ 131 juta untuk pengembangan mesin TF-X. Namun kesepakatan itu ditunda lantaran belum adanya ketidakpastian transfer teknologi ke Turki.

Peluncuran program jet tempur TF-X di Paris Air Show 2019 lalu.



Komentar