HOT NEWS

Sudah Tidak Diharapkan Kehadirannya, AS Mulai Tarik Pasukan dari Irak

Senin, 10 Februari 2020 20:35
Penulis : Beny Adrian
Sudah Tidak Diharapkan Kehadirannya, AS Mulai Tarik Pasukan dari Irak

Sumber: US Army

Angkasa.news - Amerika Serikat mulai menarik pasukannya dari Irak, seperti diberitakan televisi Al Arabiya pada Senin (10/2) mengutip anggota parlemen Irak Ali al-Ghanimi seperti ditulis TASS.

Televisi ini menyebutkan bahwa pasukan AS mulai meninggalkan 15 pangkalan militer di Irak.

Menurut al-Ghanimi, pasukan AS mulai meninggalkan 15 pangkalan militer di Irak. Dalam kata-katanya, Amerika telah membatasi kehadirannya dengan dua pangkalan besar, satu di dekat Kota Erbil di Irak utara dan pangkalan udara Ain al-Asad di Provinsi Anbar sekitar 180 kilometer barat Baghdad.

Dia mencatat bahwa Amerika Serikat sedang mencari barak baru di pangkalan-pangkalan. Namun parlemen Irak dan rakyat Irak bersikeras bahwa pasukan Amerika harus ditarik dari semua pangkalan.

Belum ada komentar resmi dari pihak AS tentang penarikan pasukan dari 15 pangkalan di Irak.

Pada 5 Januari, atau dua hari setelah serangan rudal Amerika Serikat di dekat bandara Baghdad yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, parlemen Irak mengeluarkan resolusi yang menuntut penarikan lengkap semua pasukan asing dari negara. 

Namun resolusi tersebut disahkan dengan tidak adanya beberapa faksi parlemen terkemuka, yang mengatakan resolusi ini tidak sah dan tidak mengikat dan legitimasinya harus dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung Federal negara.

Amerika Serikat telah menolak untuk menarik tentaranya dari Irak. 

Selain itu, Presiden AS Donald Trump mengancam Baghdad dengan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.