HOT NEWS

Soal Kecelakaan Pesawat Ukraina, Iran: Kami Tidak Akan Serahkan Black Box ke Boeing

Kamis, 09 Januari 2020 08:00
Penulis : Remi
Soal Kecelakaan Pesawat Ukraina, Iran: Kami Tidak Akan Serahkan Black Box ke Boeing

Salah satu black box di pesawat milik Ukraine International Airlines yang jatuh di sekitar Teheran, Iran. Sumber: Iranian State TV

Angkasa.news - Setelah mengklaim "berhasil" menembak jatuh pesawat milik Ukraine International Airlines, pihak berwenang Iran menolak untuk menyerahkan data kotak hitam pesawat yang ditemukan dari kecelakaan tersebut kepada Boeing.

Media lokal Iran menyatakan bahwa tim investigasi telah menemukan salah satu dari dua kotak hitam Boeing 737-800 yang jatuh dekat kota Teheran sekitar pukul 6:20 pagi Rabu (8/1/2020) waktu setempat. Kotak hitam merekam data penerbangan dan audio dari kokpit. Data tersebut sering memberikan banyak informasi tentang bagaimana kecelakaan terjadi.

Ali Abedzadeh, kepala otoritas penerbangan sipil Iran mengatakan, Iran tidak akan memberikan black box (kotak hitam) kepada Boeing, menurut Reuters, yang mengutip kantor berita Mehr. Namun, ia tampaknya tidak memberikan alasan apapun soal keputusan tersebut.


Abedzadeh juga mengatakan, ia belum mengetahui kemana Iran akan mengirim kotak itu untuk menganalisis data. Di lain pihak, Boeing belum memberikan tanggapan terhadap penolakan Iran ini.

Penerbangan tersebut, yang dioperasikan oleh Ukraine International Airlines, dijadwalkan untuk melakukan perjalanan antara Teheran ke ibukota Ukraina, Kiev.

Boeing 737-800 yang jatuh itu baru berusia tiga tahun dan menjalani pemeriksaan pemeliharaan terjadwal pada hari Senin, dua hari sebelum kecelakaan.

Data dari layanan pelacakan penerbangan FlightRadar 24 menunjukkan, pesawat itu berangkat dari Teheran dan komunikasi tiba-tiba hilang sekitar tiga menit setelah lepas landas.

"Ini adalah peristiwa tragis dan kami prihatin kepada para kru, penumpang, dan keluarga mereka," tulis Boeing dalam akun Twitter mereka. “Kami berhubungan dengan pelanggan maskapai kami dan mendukung mereka di saat yang sulit ini. Kami siap membantu dengan cara apa pun yang diperlukan,” tambahnya

This is a tragic event and our heartfelt thoughts are with the crew, passengers, and their families. We are in contact with our airline customer and stand by them in this difficult time. We are ready to assist in any way needed. pic.twitter.com/TsTlyY34Vd

— The Boeing Company (@Boeing) January 8, 2020



Komentar