HOT NEWS

SkyCourier, Saingan N219 Berhasil Jalani Terbang Perdananya

Selasa, 19 Mei 2020 10:30
Penulis : Remi
SkyCourier, Saingan N219 Berhasil Jalani Terbang Perdananya

Sumber: Cessna Textron

Angkasa.news - Pesawat purwarupa Cessna SkyCourier berhasil menggelar penerbangan pertamanya pada Minggu (17/5/2020) di markas Textron Aviation, Wichita, AS.

Penerbangan yang dipimpin oleh pilot uji senior Corey Eckhart dan pilot uji kepala Aaron Tobias itu terbang selama dua jam 15 menit.

"Kami sangat senang dengan kinerja Cessna SkyCourier selama penerbangan pertamanya. Sangat mengesankan melihat betapa stabilnya pesawat saat lepas landas dan mendarat. Cessna SkyCourier telah menampilkan tingkat kematangan yang tinggi dalam karakteristik penerbangannya, terutama untuk penerbangan pertama. Kami dapat mencapai semua yang kami inginkan pada penerbangan ini," kata Eckhart.


Walau SkyCourier diperkirakan baru siap beroperasi satu hingga dua tahun lagi, namun perusahaan logistik FedEx dikabarkan telah mengkonfirmasi pesanan sebanyak 50 unit ditambah 50 unit lainnya sebagai opsi tambahan.

SkyCourier mampu terbang hingga 200 knot dengan berbekal dua mesin turboprop Pratt & Whitney PT6A-65SC 1.100-shp yang menggerakkan baling-baling McCauley 110-inci.

Pesawat juga telah dilengkapi dengan perlengkapan penerbangan Garmin G1000 NXi.

Didesain untuk operasi kargo dan penerbangan perintis, pesawat ini dirancang untuk membawa muatan hingga 6.000 pound dengan pintu kargo selebar 87 inci. Untuk kebutuhan penumpang, SkyCourier mampu mengangkut hingga 19 penumpang, dengan area kabin belakang dipasang jaring pembatas untuk bagasi dan peralatan. 

Jika dilihat sekilas, tampilan fisik maupun spesifikasi Cessna SkyCourier mengingatkan kita pada pesawat N219 Nurtanio yang tengah dikembangkan PT Dirgantara Indonesia. Saat ini N219 tengah mengejar uji operasional untuk kebutuhan sertifikasi. Targetnya, tahun 2022 mendatang pesawat sudah mulai beroperasi secara reguler.



Komentar