HOT NEWS

Siang Ini, Taruna AAU Akan Guncang Yogyakarta dengan Flash Mop Beksan Wanara di Malioboro

Selasa, 18 Februari 2020 09:45
Penulis : Beny Adrian
Siang Ini, Taruna AAU Akan Guncang Yogyakarta dengan Flash Mop Beksan Wanara di Malioboro

Gladi resik Kirab Taruna di Malioboro. Sumber: angkasa.news/ beny adrian

Angkasa.news - Sore ini, Selasa (18/2), akan ada sesuatu yang menarik di Jalan Malioboro, Yogyakarta. 

Tidak hanya karena Malioboro sejak setahun terakhir menjadi lokasi car free day setiap Selasa Wage (penanggalan Jawa) dan juga bersih dari pedagang, tapi akan ada Kirab Taruna Passing In Kopral Taruna AAU Werving 2019. 

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso kepada angkasa.news saat menyaksikan gladi resik di Mako AAU, Senin sore. 

“Akan ada pertunjukan spesial dari AAU, Malioboro akan kita guncang,” ujar Marsda Nanang. 

Menurut Nanang, kegiatan yang diberi tajuk “Kulonuwun Jogja” ini dilakukan karena para taruna dan taruni tingkat 1 akan memulai pendidikan di AAU Yogyakarta setelah menempuh pendidikan dasar militer di Akademi Militer Magelang.

"Secara geografis AAU berada di Yogya, maka kami wajib kulonuwun kepada masyarakat Yogya," ujarnya.

Sore kemarin, persiapan sudah hampir final. Beberapa koreksi disampaikan Nanang kepada perwira pelatih dan taruna, agar penampilan Taruna AAU terlihat baik dan minus kesalahan.

Drumband Taruna AAU Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara akan menyuguhkan hiburan sekaligus demonstrasi yang dimulai dari depan Hotel Grand Inna Malioboro dan berahkir di 0 KM Yogyakarta.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X direncanakan akan hadir dalam gelaran ini.

Latihan rampak gendang Taruna AAU. Sumber: angkasa.news/ beny adrian

Tidak hanya Kirab Taruna, AAU juga akan menampilkan Flash Mop Beksan Wanara atau tari kethekan yang merupakan tarian klasik Keraton Yogyakarta. Tarian yang sekian tahun hanya bisa disaksikan di dalam Keraton, siang ini akan ditampilkan secara massif di Malioboro.  

Menurut Marsda Nanang, Flash Mop Beksan Wanara akan dibawakan oleh 800 lebih penari gabungan prajurit TNI AU dan Taruna AAU di Malioboro. 

Flash Mop Beksan Wanara dipilih karena AAU sebagai lembaga pendidikan militer wajib menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

“Kami ingin menghadirkan Yogyakarta di Kesatriaan AAU dan menghadirkan Kesatriaan AAU di Yogyakarta,” aku Nanang.

Masih menurut Nanang, Kirab Taruna yang akan dimulai pukul 3 sore ini, dimeriahkan juga flypast pesawat KT-1B Wong Bee dari Jupiter Aerobatic Team (JAT). 

“Jangan lupa hadir sore ini di Malioboro, mari kita guncang Yogya dengan Flash Mop Beksan Wanara,” ajak Marsda Nanang Santoso. 



Komentar