HOT NEWS

Setelah Absen 10 Tahun, Dubes Jepang Kembali Kunjungi Gua Binsari di Biak

Kamis, 20 Februari 2020 20:30
Penulis : Beny Adrian
Setelah Absen 10 Tahun, Dubes Jepang Kembali Kunjungi Gua Binsari di Biak

Dubes Jepang kunjungi Gua Jepang di Biak. Sumber: Praka Mando Rumaropen

Angkasa.news – Perhatian pemerintah Jepang tidak berhenti terhadap situs peninggalan Perang Dunia II di Biak Numfor, Papua. Salah satunya adalah lewat kunjungan Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi di Biak, Kamis (20/2). 

Salah satu agenda Ishii adalah mengunjungi Monumen Perang II di Paray dan Gua Jepang (Gia Binsari atau Gua Nenek) di Kampung Binsari, Biak.

Kedua lokasi itu dikunjungi Ishii Masafumi karena tidak terlepas dari sejarah PD II yang mengakibatkan gugurnya ribuan tentara Jepang dalam perang dengan tentara Sekutu.

Dalam kunjungannya, Dubes Jepang didampingi Bupati Biak Numfor Herry A. Naap serta pejabat lainnya. 

Dubes Ishii mengaku bangga dan terhormat berkunjung ke Papua khususnya Biak. 

“Ini adalah kunjungan pertama saya ke Papua, dan kunjungan Dubes Jepang terakhir kalinya 10 tahun lalu ke Papua. Kunjungan ini tidak sekedar jalan-jalan namun merupakan bagian dari upaya kerja sama dan hubungan emosional. Saya senang sekali ke Papua, khususnya Biak,” ungkap Ishii.

Disampaikan bahwa Pemerintah Jepang dan Indonesia terus meningkatkan hubungan kerja sama di berbagai bidang, termasuk mendorong percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Dubes Jepang terlihat banggsa saat meresmikan Museum Gua Jepang. Setelah itu dilaksanakan penandatangan prasasti oleh Dubes Jepang, Bupati Biak Numfor, dan Kapolres Biak Numfor serta penyerahan kunci museum secara simbolis kepada kepala kampung Binsari Yusuf Rumaropen.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.