HOT NEWS

Selalu Utamakan Inovasi, Rakornispenau Jadi Ajang Satukan Visi dan Misi Penerangan TNI AU

Rabu, 12 Februari 2020 10:20
Penulis : Beny Adrian
Selalu Utamakan Inovasi, Rakornispenau Jadi Ajang Satukan Visi dan Misi Penerangan TNI AU

Kadispenau bersama para Kapen yang meraih juara dalam pelaksanaan Rakornispenau: Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Selama ini Dinas Penerangan TNI AU dikenal kreatif dan inovatif. Bahkan akun sosial media Twitter yang dikelola Dispenau, sudah beberapa tahun terakhir ini menjadi pembicaraan warga netizen.

Sentilan, cuitan, dan komen-komen yang out of the box, seperti revolusi komunikasi yang memecah kekakuan hubungan antara TNI dengan publik selama ini. Tren ini pun menular ke instansi lain di luar TNI AU.


Kreativitas dan inovasi telah menjadi SOP di lingkungan Dispenau.

Atmosfir itulah yang sekarang terus dijaga, seperti tercermin saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Penerangan TNI AU (Rakornispenau) TA. 2020 di Klub Eksekutif Persada, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (11/2).

Karena itulah, salah satu agenda Dispenau saat Rakornispenau adalah memberikan penghargaan kepada Kapen (Kepala Penerangan) yang dinilai berprestasi.

Kateogirinya adalah Kapen Terproduktif di Website dan Terkreatif di Media Sosial. 

Untuk kategorti pertama, Juara 1 Kapen diraih Lanud Roesmin Nurjadin, Juara 2 Kapen Lanud Adi Sutjipto, dan Juara 3 Kapen Korpaskhas. Sementara Kategori Terkreatif di Media Sosial untuk Juara 1 kepada Kapen Seskoau, Juara 2 Kapen Lanud Adi Soemarmo, dan Juara 3 Kapen Wiriadinata.

Dalam sambutannya, Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto menyampaikan bahwa setiap personel penerangan TNI AU harus menjiwai tugas dan perannya dalam mengelola ide-ide baru yang inovatif.

Inovasi dibutuhkan untuk menghasilkan informasi kreatif yang dapat diterima masyarakat dengan mudah, cepat, tepat dan akurat. Sehingga inovasi Dispenau dapat diwujudkan untuk mengangkat citra positif TNI AU di masyarakat.

Menurut Kadispenau yang membacakan sambutan Aspotdirga KSAU Marsda TNI Hari Budianto, ada harapan kepada seluruh Kapen jajaran Dispenau untuk menyatukan visi, misi, persepsi dan interprestasi dalam penyelenggaraan tugas pengelolaan informasi TNI AU.

Sehingga dari situ akan lahir bersinergi maksimal dan terarah sesuai kebijakan pimpinan TNI AU dalam rangka mendukung keberhasilan tugas TNI AU.

"Kita harus mengembangkan sikap antisipatif dan proaktif serta menyatukan dan memantapkan kebersamaan untuk mewujudkan kesiapan sumber daya manusia dan alutsista serta sarana prasarana TNI AU dalam menghadapi tugas yang akan datang," tegas Aspotdirga

Sementara Kadispenau menekankan agar para Kapen di seluruh jajaran, memiliki akun media sosial dan harus aktif dalam memposting kegiatan di satuan masing-masing. 

"Para Kapen agar melakukan inovasi dan kreasi demi kemajuan satuan masing-masing khususnya dan TNI AU umumnya", tegasnya.

Rakornispenau 2020 menghadirkan beberapa narasumber kompeten. Yaitu motivator Rafael Antonius, Misdianto dari Wikipedia, Oscar Motulloh dari LKBN Antara, dan fotografer Sandrina Permani.

Rakornispenau tahun 2020 ini mengangkat tema "Inovasi Dispenau Sekarang Atau Tidak Sama Sekali" dilaksanakan dua hari yang diikuti oleh 55 orang peserta, terdiri dari para Kapen maupun Kapentak Kotama, Lanud dan Korpaskhas.

Tampak hadir pada acara tersebut Paban IV/ Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Tahyodi, S.A.P.,  para Kasubdis dan pejabat Dispenau.



Komentar