HOT NEWS

Sekilas Brigjen Rochadi, Perwira Kopassus yang Dipercaya Menjadi Komandan Koopssus TNI

Rabu, 24 Juli 2019 21:05
Penulis : Beny Adrian
Sekilas Brigjen Rochadi, Perwira Kopassus yang Dipercaya Menjadi Komandan Koopssus TNI

Kolonel Inf Rochadi (kiri) bersama Kolonel Inf Suko Basuki yang menggantikannya sebagai Danrem 044. Sumber: Sripoku.com/ Abdul Hafiz

Angkasa.news - Lama tak terdengar, sore ini, Rabu (24/7), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menetapkan promosi dan mutasi jabatan 33 perwira tinggi (Pati) TNI.

Dari kesemua daftar Pati, yang menarik adalah munculnya nama Brigjen TNI Rochadi yang saat ini menjabat sebagai Direktur A Bais TNI sebagai Komandan Koopssus TNI.

Di dalam rilis yang dikirim Puspen TNI sore ini, disebutkan bahwa Koopssus adalah organisasi baru.

Menurut sumber angkasa.news di Mabes TNI, Koopssus (Komando Operasi Khusus) adalah nama baru dari Koopsusgab TNI. Yaitu komando operasi khusus yang menaungi pasukan khusus TNI sejenis US Special Operation Command.

“Beda nama dan ditetapkan dengan Perpres, konsepnya sama seperti USSOCOM,” menurut sumber ini.

Dengan penetapan Brigjen Rochadi sebagai komandan Koopssus TNI, berakhir sudah rumor selama ini tentang keberlanjutan dari komando ini.

Sementara Kolonel Mar Widodo yang saat ini menjabat Wadanlantamal I/Blw Koarmada I, dipercaya mendampingi Rochadi sebagai Wadankoopssus TNI.

Koopssus TNI akan dipimpin oleh perwira tinggi berbintang dua, dengan markas komando di dalam Mabes TNI.

Akan halnya Brigjen Rochadi, perwira tinggi alumni Akmil 1986 ini dibesarkan di lingkungan Grup 5 Kopassus yang saat ini dikenal sebagai Satuan 81 Kopassus. Rochadi menjabat sampai komandan batalyon.

Rochadi yang kenyang di medan operasi, mengalami banyak penugasan selama di Kopassus. Salah satunya terlibat dalam tim pendakian Gunung Himalaya pada April 1997.

Setelah itu Rochadi pindah ke Pussenif dan Asisten Teritorial Kasdam III Siliwangi sebelum menjadi Danrem 044 Gapo Kodam II Sriwijaya. Dari situ ia mendapat promosi sebagai Danpusdikter, Dir A Bais dan sekarang Dankoopssus TNI.

Koopssus TNI akan menjadi kotama operasi TNI yang langsung di bawah Panglima TNI dan mengendalikan operasi pasukan khusus. Yaitu Sat-81 Kopassus, Detasemen Jala Mangkara Marinir, dan Satuan Bravo 90 Paskhas.



Komentar