HOT NEWS

Sekaligus Dua Kapal Induk Angkatan Laut AS Dioperasikan di Laut China Selatan

Minggu, 05 Juli 2020 12:08
Penulis : Beny Adrian
Sekaligus Dua Kapal Induk Angkatan Laut AS Dioperasikan di Laut China Selatan

Kapal induk USS Ronald Reagan (CVN 76). Sumber: US Navy

Angkasa.news - Dua kapal induk Angkatan Laut AS kelas Nimitz beroperasi di Laut China Selatan. Menurut AL AS, kedua kapal tengah melaksanakan operasi dan latihan.


USS Nimitz (CVN 68) dan USS Ronald Reagan (CVN 76) bersama kapal dan pesawat yang ditugaskan ke Nimitz and Ronald Reagan Carrier Strike Groups, memulai operasi terkoordinasi di perairan internasional Laut Filipina pada 28 Juni.

Menurut Angkatan Laut, kapal induk kini telah beralih ke Laut China Selatan untuk melaksanakan operasi duet kapal induk (dual carrier operations). 

Satuan serang kapal induk yang terdiri dari kedua kelompok serang, melakukan beberapa latihan taktis yang dirancang untuk memaksimalkan kemampuan pertahanan udara, dan memperluas jangkauan serang maritim jarak jauh dari pesawat berbasis kapal induk di area operasi yang berkembang pesat.

Pertahanan udara di satuan serang kapal induk menggabungkan kemampuan pesawat dan helikopter, bersama kapal penjelajah dan perusak Aegis. 

Perpaduan ini memberikan kemampuan deteksi dini berlapis-lapis dari potensi ancaman udara.

Ronald Reagan Carrier Strike Group adalah satu-satunya kelompok serang yang dikerahkan Angkatan Laut AS. 

Nimitz Carrier Strike Group tiba di wilayah Armada ke-7 pada 17 Juni, dan telah melakukan operasi duet kapal induk dengan kedua kapal induk USS Ronald Reagan dan USS Theodore Roosevelt.

Nimitz Carrier Strike Group terdiri dari kapal induk USS Nimitz (CVN 68), Carrier Air Wing (CVW) 17, USS Princeton (CG 59), USS Sterett (DDG 104), dan USS Ralph Johnson (DDG 114).

Kapal induk dan elemen Nimitz Carrier Strike Group berangkat dari Naval Air Station North Island di San Diego pada 8 Juni.

Sementara Ronald Reagan Carrier Strike Group terdiri dari kapal induk USS Ronald Reagan (CVN 76), Carrier Air Wing (CVW) 5, USS Antietam (CG 54), dan USS Mustin (DDG 89). Kelompok ini menuju Yokosuka, Jepang dan secara rutin melakukan operasi keamanan dan stabilitas di Indo-Pasifik.

Ronald Reagan Carrier Strike Group memulai penempatan Indo-Pasifik 2020 menyusul uji coba lautnya yang dilakukan setelah penyelesaian perawatan di Puget Sound Naval Shipyard & intermediate Maintenance Facility Detachment Yokosuka di Jepang.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.