HOT NEWS

Salip AS, China Kini Menjelma Sebagai Angkatan Laut Terkuat di Muka Bumi

Rabu, 22 Mei 2019 12:00
Penulis :
Salip AS, China Kini Menjelma Sebagai Angkatan Laut Terkuat di Muka Bumi

Formasi kapal perang China. Sumber: Xinhua

Angkasa.news - Amerika Serikat kini memiliki alasan tambahan untuk mengkhawatirkan perkembangan militer China: kemampuan industri pertahanan kapal China untuk bisa menyuplai kapal perang dengan kecepatan luar biasa.

Berdasarkan analisis lembaga think-thank CSIS (Centre for Strategic and International Studies), China sekarang memiliki lebih banyak kapal perang daripada Angkatan Laut Amerika Serikat.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN -People’s Liberation Army Navy) yang secara informal dikenal sebagai Angkatan Laut China, jumlah kapalnya baru-baru ini mencapai 300 - tiga belas kapal lebih banyak daripada Angkatan Laut AS yang jumlahnya 287 hull kapal perang.

Artinya secara de facto, China adalah Angkatan Laut terkuat di muka bumi, dalam hal jumlah. China bahkan lebih kuat juga dibanding Rusia, yang kapal perang aktifnya tak lebih dari 100 unit.

Meskipun sekilas menggentarkan, Armada AL Amerika jauh lebih besar berdasarkan kapal-per-kapal, termasuk sebelas kapal induk bertenaga nuklir dan jumlah kapal pendarat amfibi yang hampir sama jumlahnya.

China sendiri kuat dalam kelas kapal perusak (destroyer) dengan kekuatan satu kapal induk operasional dan satu kapal induk lain dalam fase uji laut, serta satu dalam proses pembuatan.

Patut pula dicatat, AL AS menghadapi problem kronik dalam kesiapan kapal perang, mengingat jumlah galangan perbaikan kapal yang kian menyusut, sehingga kesiapan kapal perang permukaan maupun kapal selam tak pernah beranjak dari kisaran angka 70 persen.

AL AS dalam tahun-tahun terakhir berupaya melakukan reformasi dalam hal kesiapan kapal perang. Namun sejauh ini tak menunjukkan hasil yang menggembirakan.

 

Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas kesalahan nama, data, dan isi artikel sebagaimana tertera.



Komentar