HOT NEWS

Rudal Meteor dari MBDA Jadi Pilih Pesawat Tempur KF-X

Sabtu, 23 November 2019 08:52
Penulis : Beny Adrian
Rudal Meteor dari MBDA Jadi Pilih Pesawat Tempur KF-X

Mock up pesawat tempur KF-X. Sumber: angkasa.news

Angkasa.news – Pabrikan rudal berbasis di Eropa yaitu MBDA, menerima kontrak dari Korea Aerospace Industries (KAI) untuk integrasi rudal Meteor yang berkemampuan beyond visual range air-to-air missile ke pesawat tempur KF-X (Korea Fighter eXperimental).

Kontrak tersebut seperti rilis di situs MBDA disebutkan, mencakup dukungan integrasi untuk KAI, transfer pengetahuan dan pembuatan alat uji untuk integrasi KF-X dan kampanye uji coba.

Meteor adalah rudal udara ke udara canggih, dan memiliki sistem propulsi ramjet yang memungkinkannya terbang lebih jauh dan lebih cepat daripada rudal udara ke udara lainnya. Kemampuan ini memungkinkannya mengalahkan target bermanuver bahkan pada jarak ekstrem.

KF-X adalah pesawat tempur generasi 4,5 yang dikembangkan Korea Selatan bersama Indonesia. Kedua negara akan menerima pesawat sesuai kesepakatan.

Pesawat tempur KF-X dan oleh Indonesia disebut IF-X, akan diproduksi sebanyak 168 unit dengan rincian 120 unit untuk Korsel dan Indonesia diperkirakan 48 unit. Produksi massal rencananya dimulai 2026.



Komentar