HOT NEWS

Perjalanan Terakhir Pesawat Kebanggaan Indonesia ke Yogyakarta, N250 Gatot Koco

Rabu, 19 Agustus 2020 20:45
Penulis : Beny Adrian
Perjalanan Terakhir Pesawat Kebanggaan Indonesia ke Yogyakarta, N250 Gatot Koco

Sumber: Dispenau

Angkasa.News - Pesawat buatan sendiri dan kebanggaan bangsa Indonesia N250 Gatot Koco, pernah menggegerkan dunia internasional karena kecanggihan dan performanya melebihi zamannya saat itu. Namun selama puluhan tahun, pesawat ini seperti hilang begitu saja.


Karena itu TNI AU kembali akan menambah koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang berada di lingkungan Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Koleksi terbaru yang akan diboyong dari Bandung ini adalah pesawat kebanggaan putra putri Indonesia, N250 Gatot Koco.

Pesawat buatan dan kebanggaan bangsa Indonesia N250 ini pernah menggegerkan dunia internasional karena kecanggihan dan performanya melebihi zamannya saat itu.

N250 pertama kali terbang tahun 1995 bertepatan HUT RI ke 50.

Pesawat yang dibuat IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) itu sempat tampil dan menjadi idola di beberapa ajang airshow yang salah satunya di Paris Air Show 1997.

Namun sayang, saat krisis ekonomi 1998 melanda, N250 dihentikan produksinya setelah IMF meminta IPTN ditutup karena dianggap memberatkan ekonomi.

Sang Gatot Koco pun dirumahkan, tidak boleh terbang. Pupus sudah harapan bangsa Indonesia untuk memiliki pesawat produksi dalam negeri.

Setelah lebih dua dekade N250 tidak bergerak, kini pesawat akan melakukan perjalanan terakhirnya.

Kali ini tidak terbang, tapi melalui jalan darat menuju Muspusdirla di Yogyakarta, untuk dirawat dan dijadikan monumen yang bisa dilihat masyarakat sebagai pertanda bahwa Bangsa Indonesia pernah berjaya di dirgantara.

Perjalanan Sang Gatot Koco ini akan menempuh jarak lebih dari 560 km.

Perjalanan terakhir N250 Gatot Koco ke Muspusdirla ini akan ditayangkan secara langsung (streaming) oleh Dispenau di Airmen TV, FB TNI Angkatan Udara, dan Youtube TNI AU.

Silakan menyaksikan di streaming Dispenau:

AIRMEN TV DISPENAU
https://www.youtube.com/channel/UCUVUQJ1LvJi9SZTGBiJltjw 

Youtube TNI AU
https://www.youtube.com/c/TNIAU

FB TNI Angkatan Udara
http://www.facebook.com/TNIAUOfficial/

Perjalanan ini juga akan dipancarkan oleh Airmen Radio setiap saat secara Streaming di radioairmenfm.com.



Komentar