HOT NEWS

Penumpang Menumpuk di Soetta, Kemenhub Jatuhkan Sanksi ke Batik Air dan AP II

Selasa, 19 Mei 2020 15:00
Penulis : Remi
Penumpang Menumpuk di Soetta, Kemenhub Jatuhkan Sanksi ke Batik Air dan AP II

Sumber: Bandara

Angkasa.news - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dikabarkan bakal menjatuhkan sanksi tegas kepada Angkasa Pura II (AP II) dan maskapai Batik Air dalam waktu dekat. Ini merupakan hasil investigasi Kemenhub setelah terjadi penumpukan penumpang di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng pada tanggal 14 Mei 2020 lalu.

Lion Air Group sebagai induk usaha Batik Air juga telah mengakui bahwa beberapa pesawatnya diisi lebih dari 50% dari kapasitas maksimal pesawat. Hal ini melanggar Permenhub No.18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perhubungan Udara menjelaskan, Batik Air dijatuhi sanksi akibat melanggar tingkat keterisian penumpang. Sedangkan pihaknya menjatuhi sanksi kepada AP II lantaran dianggap bertanggung jawab atas pelanggaran protokol jaga jarak, alias physical distancing, di bandara yang mereka kelola itu.


Menurut laporan penerbangan, pada 14 Mei 2020 pagi hingga siang hari, Batik Air memiliki 14 rute penerbangan domestik dari Bandara Soekarno-Hatta. Sebanyak 11 rute di antaranya terbang pada pukul 06.30 hingga 09.20 WIB. Ini mengakibatkan penumpukan penumpang karena tiap penumpang harus menjalani pemeriksaan dokumen kesehatan.

Salah satu penerbangan Batik Air dengan nomer ID-6506 rute Soekarno-Hatta – Denpasar mengangkut enam penumpang kelas bisnis dan 100 penumpang kelas ekonomi. Padahal, pesawat Boeing 737-900ER yang digunakan untuk melayani rute itu hanya boleh diisi maksimal 90 orang penumpang. 

"Untuk jumlah tamu yang diterbangkan pada penerbangan tertentu lebih dari 50%, disebabkan atas situasi perubahan periode perjalanan (reschedule) dari beberapa tamu atau penumpang dikarenakan kebutuhan mendesak serta perjalanan grup dari keluarga atau rombongan (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan (satu baris)," ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Batik Air dalam sebuah keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).



Komentar