HOT NEWS

Pembom Nuklir B-52H Dikirim AS ke Diego Garcia di Tengah Ketegangan dengan Iran

Sabtu, 25 Januari 2020 18:26
Penulis : Beny Adrian
Pembom Nuklir B-52H Dikirim AS ke Diego Garcia di Tengah Ketegangan dengan Iran

Pembom B-52H Stratofortress. Sumber: USAF

Angkasa.news - Pejabat AS mengumumkan awal bulan ini bahwa Pentagon akan mengirim enam pesawat pembom jarak jauh B-52H Stratofortress ke Diego Garcia, wilayah strategis Inggris di selatan Laut Arab. 

Pengiriman pembom nuklir ini berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran karena pembunuhan jenderal senior Iran.

Angkatan Udara AS telah menyelesaikan pengiriman B-52H keempat dan kelima ke Diego Garcia, dengan pesawat keenam dalam perjalanan melalui Mediterania barat setelah melewati Selat Gibraltar.

Setiap pembom ini mampu membawa hingga 70.000 pon (31.500 kg) bom, ranjau dan rudal, termasuk rudal jelajah nuklir jarak jauh.

Komitmen AS mengirim B-52H ke wilayah ini disampaikan pada 6 Januari, tiga hari setelah pesawat tak berawak AS menewaskan Mayjen Qasem Soleimani di Baghdad. Kejadian ini meningkatkan ketegangan antara AS dan Iran ke tingkat terburuk sejak Revolusi Iran 1979.

B-52H kelima lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana, dan mengisi bahan bakar di Mediterania menggunakan pesawat tanker KC-135R yang bermarkas di Spanyol.

Diego Garcia yang merupakan wilayah luar negeri Inggris, terletak sekitar 3.700 km selatan dari titik paling selatan Iran, membuatnya berada dalam jangkauan B-52H.

Pembom senior ini memiliki total jangkauan 14.162 km. Sedangkan rudal AGM-86B memiliki jangkauan operasional antara 1.100 dan 2.400 km.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.