HOT NEWS

Pasukan AS Diberondong di Afghanistan, Dua Pasukan Khusus Dilaporkan Tewas

Selasa, 11 Februari 2020 20:00
Penulis : Beny Adrian
Pasukan AS Diberondong di Afghanistan, Dua Pasukan Khusus Dilaporkan Tewas

Sumber: cnn.com

Angkasa.news - Dua prajurit AS tewas dan enam lainnya cedera setelah serangan terhadap operasi gabungan AS-Afghanistan di Provinsi Nangarhar di Afghanistan timur pada Sabtu (9/2).

Departemen Pertahanan AS pada Minggu mengidentifikasi dua prajurit yang gugur karena luka yang diderita selama operasi tempur.

Mereka adalah Sgt. 1st Class Javier Jaguar Gutierrez dari San Antonio, Texas dan Sgt. 1st Class Antonio Rey Rodriguez dari Las Cruces, New Mexico.

Keduanya berasal dari 3rd Battalion, 7th Special Forces Group (Airborne) yang berbasis di Eglin Air Force Base, Florida.
Pihak militer mengatakan bahwa insiden penyerangan pasukan khusus ini sedang diselidiki. Sementara prajurit yang terluka sudah mendapat perawatan medis di fasilitas AS.

Laporan menyatakan bahwa seseorang dengan seragam Afghanistan, melepaskan tembakan ke arah pasukan gabungan AS dan Afghanistan menggunakan senapan mesin di pusat distrik Sherzad, seperti dijelaskan Kolonel Sonny Leggett, juru bicara pasukan AS di Afghanistan.

“Kami masih mengumpulkan informasi dan penyebab atau motif di balik serangan. Insiden sedang diselidiki," kata Leggett.
Militer AS belum menentukan apakah penyerang tentara Afghanistan atau seseorang yang mengenakan seragam militer.

Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Minggu, bahwa satu prajurit Afghanistan juga tewas dalam serangan ini. 

Menurut Kemhan Afghanistan, serangan ini gagal memberikan efek negatif pada persahabatan dan semangat kerja sama militer Afghanistan dan pasukan AS. 

Antara 12.000 dan 13.000 tentara AS saat ini bertugas di Afghanistan dalam menghadapi kelompok teroris dan membantu pasukan lokal.

Terdapat beberapa kali serangan dialami militer AS selama 18 tahun misi di Afghanistan.

Sampai saat ini, enam prajurit AS tewas di Afghanistan sejak awal 2020. Tahun lalu, 22 prajurit tewas selama di Afghanistan.

Tahun 2011, 7th SFG(A) direlokasi dari Fort Bragg, North Carolina ke Eglin Air Force Base sebagai bagian dari 2005 Base Realignment and Closure (BRAC).

Pasukan khusus ini dipimpin oleh Kolonel John W. Sannes yang berpengalaman di 3rd Special Forces Group (United States).

7th Special Forces Group (Airborne) adalah unit operasi dari United States Army Special Forces yang diaktofkan pada 20 Mei 1960. Pasukan ini direorganisasi dari 77th Special Forces Group yang juga bermarkas di Fort Bragg, North Carolina.



Komentar