HOT NEWS

Pasca Kecelakaan Fatal, Kanada Kembali Operasikan Helikopter CH-148 Cyclone

Rabu, 17 Juni 2020 20:20
Penulis : Beny Adrian
Pasca Kecelakaan Fatal, Kanada Kembali Operasikan Helikopter CH-148 Cyclone

Sikorsky CH-148 Cyclone milik Kanada. Sumber: lockheedmartin.com

Angkasa.news – Hari ini (17/6), Angkatan Bersenjata Kanada mengumumkan pencabutan larangan operasional armada helikopter maritim CH-148 Cyclone setelah kecelakaan fatal pada 29 April 2020.


Pelarangan operasional dicabut Letjen Alain Pelletier, Panglima Divisi Udara Kanada (1 CAD) Angkatan Udara Kanada (RCAF). 

"Kembalinya beroperasi mengikuti penilaian risiko menyeluruh yang menguraikan langkah-langkah mitigasi untuk memastikan awak pesawat memahami kondisi yang menyebabkan kecelakaan dan bagaimana menghindari atau menyelesaikannya,” kata pernyataan tersebut.

Dengan keadaan yang sekarang sudah dipahami, AU Kanada telah menyelesaikan penilaian risiko yang terperinci dan sedang menerapkan langkah-langkah mitigasi untuk memungkinkan dimulainya kembali operasi penerbangan yang aman.

Helikopter CH-148 Cyclone (varian militer Sikorsky S-92) dengan call sign Stalker 22, jatuh di Ionian pada 29 April saat beroperasi di perairan antara Yunani dan Italia.

Kecelakaan menewaskan kesemua orang di dalam heli, terdiri dari empat awak pesawat dan dua pelaut.

Helikopter ini berpangkalan di kapal frigat Angkatan Laut Kanada HMCS Fredericton (FFH 337) yang tengah berpartisipasi dalam Latihan NATO SNMG2 (Standing NATO Maritime Group 2) di Laut Mediterania.

Pada saat kecelakaan, kapal Kanada sedang melakukan pelatihan kolaboratif dengan kapal perang Italia dan Turki, sementara helikopter Cyclone melaksanakan operasi penerbangan.

Tubuh Letnan Abbigail Cowbrough ditemukan setelah kecelakaan dan salah satu pilot Kapten Brenden Ian MacDonald, ditemukan kemudian. 

Masih hilang dan diduga tewas adalah Kapten Kevin Hagen, Kapten Maxime Miron-Morin, Letnan Matthew Pyke, dan Kopral Master Matthew Cousins.



Komentar