HOT NEWS

Pangkoopsau II Marsda Donny Ermawan Minta Pesawat Terbaik, Jadilah Hercules A-1333 Berangkat Ambil Alkes Covid-19 di China

Minggu, 22 Maret 2020 20:14
Penulis : Beny Adrian
Pangkoopsau II Marsda Donny Ermawan Minta Pesawat Terbaik, Jadilah Hercules A-1333 Berangkat Ambil Alkes Covid-19 di China

Marsda TNI Donny Ermawan saat memeriksa kesiapan Lanud di jajaran Koopsau II dalam menangkal virus corona. Sumber: Pen Koopsau II

Angkasa.news – Direncanakan Senin (23/3) pagi sekitar pukul 09.30 Wib, pesawat C-130 Hercules A-1333 TNI AU akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. 


Seperti sudah diberitakan, A-1333 diberangkatkan ke Shanghai, China pada Sabtu (21/3), untuk mengambil sekitar 9 ton alat-alat kesehatan yang dibeli Pemerintah Indonesia untuk menghadapi wabah virus corona (Covid-19).

Misi ini dipimpin langsung oleh Letkol Pnb Suryo Anggoro selaku Komandan Skadron Udara 32.

A-1333 memang berasal dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang. Skadron ini berada di bawah jajaran Komando Operasi TNI AU II. 

Pagi tadi, A-1333 sudah mendarat dengan selamat di Natuna dengan membawa peralatan kesehatan yang dibeli Pemerintah.

Menurut Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan, perintah memberangkatkan pesawat Hercules ke China diterimanya pada Kamis. 

“Hari Kamis tanggal 19 Maret, Asops Koopsau II lapor saya bahwa Koopsau II diminta menyiapkan Hercules untuk misi mengambil peralatan kesehatan ke China,” ungkap Donny kepada angkasa.news

Berdasarkan laporan Asops ini, Donny langsung memerintahkan asistennya ini segera menyampaikan kepada komandan Lanud Abdulrahman Saleh untuk menyiapkan pesawat yang dibutuhkan. 

“Kebetulan kesiapan pesawat kurang di Skadron 33 Lanud Hasanuddin,” ujar Donny menjelaskan alasannya memberikan perintah kepada Lanud Abdulrahman Saleh, tempat Skadron 32 berada.

Satu hal yang ditekankan Donny dalam perintahnya adalah, untuk mempersiapkan pesawat yang terbaik dan betul-betul bagus guna mengantisipasi jangan sampai ada masalah dalam perjalanan. 

Dua pesawat disiapkan dan dipertimbangkan di Skadron 32 untuk menjalankan misi mulia ini, yaitu antara A-1333 dan A-1335.

Setelah mempelajari riwayat pemeliharaan, kondisi pesawat, dan akumulasi jam terbang, akhirnya diputuskan untuk memberangkatkan A-1333. 

“Saya sampaikan bawa beberapa spare part untuk komponen yang sering bermasalah. Demikian pula dengan kru, saya sampaikan untuk dipilih yang benar-benar mampu dan sehat. Siapkan setting crew untuk penerbangan panjang,” beber alumni AAU 88 ini.

Tak lupa Donny menyampaikan untuk mengenakan hazmat demi keselamatan seluruh kru yang akan menjalankan misi. “Soal hazmat ini, saya minta agar dikoordinasikan penyediaannya dengan Sopsau,” kata Donny.

Satu hal yang dikhawatirkan Donny adalah, terjadinya masalah (trouble) pada pesawat dalam perjalanan. Untuk itulah ia wanti-wanti kepada Skadron 32 sejak dari masa penyiapan pesawat dan kru, untuk memperhatikan hal tersebut agar masalah ini jangan terjadi.

“Saya pesan wanti-wanti, jangan sampai Hercules trouble di jalan. Dampaknya akan sangat kurang baik bagi kredibilitas TNI AU,” ucap Marsda TNI Donny Ermawan.

Penerbangan sudah berjalan dengan aman dan lancar hingga saat ini. Kedatangan C-130 Hercules A-1333 sudah sangat ditunggu agar Pemerintah bisa segera menekan penyebaran virus corona yang sudah sangat mengkhawatirkan.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.