HOT NEWS

NASA Kerahkan Pesawat Spesial ER-2 ke Hunter Army Airfield untuk Pelajari Badai Salju

Sabtu, 25 Januari 2020 21:30
Penulis : Beny Adrian
NASA Kerahkan Pesawat Spesial ER-2 ke Hunter Army Airfield untuk Pelajari Badai Salju

Pesawat riset cuaca ER-2. Sumber: Kevin Larson

Angkasa.news - National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan bahwa pihaknya telah menempatkan pesawat riset cuaca ER-2 ke Hunter Army Airfield yang berada di Savannah, Georgia.

Pesawat unik ini ditempatkan di Hunter Army Airfield untuk beberapa bulan ke depan.

Pada 15 Januari, NASA mendaratkan ER-2 di Hunter. Para pilot, ilmuwan, dan kru darat akan berada di Savannah sampai 1 Maret mendatang untuk menerbangkan misi mempelajari badai salju di Pantai Timur.

ER-2 diterbangkan ke Hunter dari fasilitas Palmdale milik NASA. Pesawat ini dilengkapi berbagai sensor canggih untuk mempelajari cuaca musim dingin.

NASA akan menggunakan data yang berhasil dikumpulkan dari operasi dua bulan ini untuk mempelajari cuaca terkait salju. Data akan digunakan untuk memprediksi dan memahami badai salju.

Pilot riset NASA Tim Williams adalah salah satu dari dua pilot yang menerbangkan ER-2 dari Hunter. Menurutnya ER-2 yang merupakan versi NASA dari pesawat mata-mata U-2 Dragon Lady dapat terbang hingga ketinggian 65.000 kaki.

“Ini sangat mirip dengan apa yang bisa dilakukan satelit. Perbedaan antara kami dan satelit adalah, kami dapat membawa instrumen turun pada akhir misi dan kemudian mengerjakannya,” ujar Williams.

NASA memilih Hunter karena beberapa alasan, termasuk ruang udaranya yang tersedia dan cuaca di daerah Savannah.

"Jika kita berada di negara bagian New York, saya mungkin harus mendarat di badai salju,” kata Williams.

Lapangan Terbang Army Hunter tidak asing dengan misi NASA. Di masa lalu, NASA mengidentifikasi landasan Hunter sebagai tempat pendaratan alternatif untuk pesawat ulang-alik.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.