HOT NEWS

Mulai Besok Sekarno Hatta Hentikan Tutup Sebagian Terminal, Simak Daftarnya

Senin, 30 Maret 2020 10:15
Penulis : Remi
Mulai Besok Sekarno Hatta Hentikan Tutup Sebagian Terminal, Simak Daftarnya

Sumber: Instagram/@soekarnohattaairport

Angkasa.news - Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang memutuskan menutup sebagian terminal dan operasi penerbangan. Hal ini terpaksa ditempuh untuk membatasi penyebaran virus COVID-19 lewat pergerakan penumpang di bandara.

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II mengatakan, pihaknya mengambil kebijakan tersebut untuk mengoptimalkan pengendalian alur penumpang dari penerbangan domestik maupun internasional.

"Tujuan dilakukannya pembatasan operasional ini untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pergerakan penumpang, pengunjung dan pekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," tutur Agus dalam sebuah rilis resmi dari Angkasa Pura II, Sabtu (28/3/2020).


Menurut rencana Angkasa Pura II, mulai 1 April besok pelayanan penerbangan di Terminal 1 hanya dibuka di sub terminal 1A. Sub terminal ini melayani penerbangan Lion Air ke seluruh destinasi domestik, Airfast Indonesia, dan penerbangan maskapai Trigana ke Pangkalanbun.

"Untuk terminal 2, penerbangan hanya dilayani di sub terminal 2D dan 2E," tambah Agus.

Terminal 2F yang selama ini menjadi terminal penerbangan berbiaya murah ditutup untuk sementara. Sedangkan seluruh penerbangan internasional dialihkan ke Terminal 3.

Penerbangan internasional berbiaya murah yang selama ini dilayani di sub terminal 2F juga dialihkan seluruhnya ke terminal 3. Penumpang akan dilayani di check in counter island E. Selama ini, terminal 2F melayani penerbangan maskapai Air Asia Bhd, Indonesia Air Asia, Jet Star Asia, Cebu Pacific, Fly Scoot, Lion Air, Batik Air, Malindo, Thai Lion, dan Citilink.

Walaupun dialihkan ke Terminal 3, namun seluruh Passenger Service Charge (PSF) masih tetap tertulis terminal 2F. Untuk mengantisipasi penumpang yang tetap datang ke Terminal 2F, Angkasa Pura II menyediakan shuttle bus dan gerai bantuan yang akan mengarahkan calon penumpang ke Terminal 3.

Pembatasan ini berlaku hingga 29 Mei 2020 mendatang. Namun, tidak menutup kemungkinan pembatasan akan diperpanjang sesuai dengan arahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).



Komentar