HOT NEWS

Media Rusia Ini Pernah Menulis, Indonesia Kemungkinan Membatalkan Pengadaan Su-35

Jumat, 07 Juni 2019 17:15
Penulis : Aryo Nugroho
Media Rusia Ini Pernah Menulis, Indonesia Kemungkinan Membatalkan Pengadaan Su-35

Pesawat tempur Su-35. Sumber: tass

Media online Rusia avia.pro pada November 2018 memberitakan bahwa Indonesia memberi tahu Rusia tentang kemungkinan pelanggaran kontrak untuk pasokan pesawat tempur Su-35.

Menurut informasi yang diberikan oleh perwakilan resmi Indonesia, seperti dikutip media ini, alasan utama untuk ini adalah kesulitan menggunakan pesawat tempur Rusia dengan latar belakang sanksi AS.

Sebagai berikut dari informasi yang diberikan oleh media Indonesia, pembelian pesawat tempur Rusia dapat secara signifikan meningkatkan potensi militer Indonesia di wilayah tersebut.

Namun, dengan latar belakang sanksi berat CAATSA dari Washington, berat bagi Indonesia untuk bisa keluar dari jerat Amerika Serikat.

Menurut pejabat Indonesia, solusi alternatif yang paling cocok untuk Indonesia adalah pesawat tempur F-16 Amerika, dan laporan terpisah dari media seperti Asia Times beberapa waktu lalu telah mengkonfirmasikan bahwa Indonesia sedang mengajukan pembelian untuk 32 unit F-16V Block 72.

Meskipun kontrak antara Rusia dan Indonesia untuk penyediaan pesawat tempur Su-35 telah ditandatangani, Indonesia percaya bahwa keadaan sanksi tersebut masuk dalam tindakan darurat untuk diambil (force majeure).

Namun apapun perdebatan yang pernah dan masih muncul saat ini, yang jelas sampai saat ini Su-35 tetap menjadi pilihan yang disampaikan Kementerian Pertahanan. 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam kesempatan pertemuan ADMM di Singapura masih mengatakan bahwa Su-35 pertama untuk TNI AU akan datang pada akhir 2019 nanti.

 

Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas kesalahan nama, data, dan isi artikel sebagaimana tertera.



Komentar