HOT NEWS

Maju Pesat, Angkatan Laut India Resmikan Dok Kering Kapal Induk Pertama

Selasa, 01 Oktober 2019 17:10
Penulis : Beny Adrian
Maju Pesat, Angkatan Laut India Resmikan Dok Kering Kapal Induk Pertama

Dok kering kapal induk pertama India. Sumber: swarajyamag.com

Angkasa.news - Dermaga kering terbesar Angkatan Laut India (IN) diresmikan pada 28 September di Naval Dockyard di Mumbai dalam sebuah upacara yang dipimpin Menteri Pertahanan India Rajnath Singh.

Dinamakan Aircraft Carrier Dry Dock, fasilitas ini memiliki panjang 281 m, lebar 45 m, dan kedalaman 17 m menjadikannya mampu menampung INS Vikramaditya.

INS Vikramaditya adalah satu-satunya kapal induk yang dioperasikan India. Kapal dengan bobot 44.750 ton ini merupakan pembaharuan dari kapal induk kelas Kiev.

Pembangunan dermaga ini membutuhkan metode rekayasa yang inovatif dan ekstrem.

Sementara sebagian besar dermaga kering dibangun dengan menggali ke dalam tanah dan kemudian menyediakan akses ke laut, sebaliknya Aircraft Carrier Dry Dock ini justru dibangun ke laut.

Teknik ini membutuhkan 38 caisson (bagian baja kedap air) untuk mengalirkan air laut sebelum konstruksi dapat dimulai.

Dok kering memiliki lebih dari satu kilometer ruang berlabuh dengan bagian untuk memungkinkan beberapa kapal perang berlabuh.

Dok ini akan menghasilkan waktu penyelesaian lebih cepat untuk pemeliharaan dan mereparasi rutinitas kapal perang.

Dermaga kering juga diperkirakan akan digunakan untuk memelihara dan memperbaiki kapal perang INS Vikrant, kapal induk kedua yang dipesan untuk IN, yang saat ini sedang dibangun oleh Cochin Shipyard Limited.



Komentar