HOT NEWS

Lengkap Sudah, Helikopter Bell-429 Ketiga Pesanan Polri Diserahkan Pagi Ini

Rabu, 11 September 2019 11:32
Penulis : Beny Adrian
Lengkap Sudah, Helikopter Bell-429 Ketiga Pesanan Polri Diserahkan Pagi Ini

Foto bersama usai penyerahan helikopter Bell-429 P-3203 Polri. Sumber: Polud

Angkasa.news - Lengkap sudah tiga helikopter Bell-429 diterima Direktorat Kepolisian Udara Korpolairud Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri.

Bertempat di markas Polud di Bandara Pondok Cabe, Tangerang, Banten, dilaksanakan penyerahan helikopter Bell-429 P-3203 pada Rabu pagi (11/9).


Heli diserahkan dari PT Kasa Cipta Persada dengan supplier MID Technology Pte Ltd kepada Kabaharkam Polri Komjen. Pol Condro Kirono. Prosesi penyerahan heli dilakukan dengan pemecahan kendi menandai resminya Bell-429 memperkuat Polri.

Bell-429 P-3203 ini akan bergabung dengan dua heli sejenis yang sudah diterima dan dioperasikan Polri saat ini.

Proses lelang pengadaan Bell-429 dilaksanakan sejak tahun 2009 yang dimenangkan oleh PT Kasa Cipta Persada.

Dari proses pengadaan itu, pemenang tender yang diputuskan 23 Maret 2017 itu harus menyediakan helikopter angkut ringan double engine beserta peralatan pendukungnya.

Kabaharkam Polri melakukan proses pecah kendi. Sumber: Polud

Kontrak pengadaan heli ini dibukukan pada 3 Mei 2017.

Setelah itu secara bertahap sejak Februari – Maret 2019, dilaksanakan pelatihan teknisi dan penerbang Bell-429 di Bell Training Academy di Forth Worth, Texas, Amerika Serikat.


Sebelum akhirnya mendarat di Pondok Cabe, helikopter ini telah menjalani tahap pemeriksaan dan penerimaan. Mulai dari inventory check, sertifikasi, test flight, dan acceptance di Singapura pada 25-29 Mei.

Barulah setelah semua persyaratan lengkap dan penerimaan selesai, heli diterbangkan langsung dari perwakilan Bell Helicopters di Singapura ke Pondok Cabe.

Penerbangan feri dilaksanakan pada 16 Agustus 2019 oleh Kompol Teguh Supriatono dan Kompol Yoyok Agik S serta mekanik Bripka Ujang F. Helikopter diterbangkan langsung dari Singapura dengan menempuh rute Batam-Palembang-Pondok Cabe.

Tiga hari kemudian dilaksanakan final acceptance test di Pondok Cabe.

Menurut Direktur Polisi Udara Brigjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat dalam wawancara dengan angkasa.news awal Juli 2019, total Polud mengoperasikan 59 armada yang tidak semuanya serviceable.

“Hanya 50 persen siap. Dari 11 fixed wing yang siap hanya lima. Sisanya heli, kesiapannya hanya 23 heli. Selebihnya ada yang pemeliharaan dan sudah tidak layak terbang sehingga perlu pembaruan,” ujarnya.

Dirpolud Brigjen Anang menjelaskan kemampuan heli kepada Kabaharkam Polri. Sumber: Polud

Namun dengan bangga, penerbang heli ini mengatakan bahwa Polri masih bisa menjaga kesiapan 13 helikopter BO-105. Dengan usianya sudah 30-an tahun, BO-105 masih jadi tulang punggung Polri di daerah.

Selain pengadaan Bell-429, Polri juga akan menerima 10 helikopter AgustaWestland. Terdiri dari delapan AW169 dan dua AW189. 

“Ini yang membuat kami harus menyiapkan paling tidak 30 pilot dan 40 mekanik,” ungkapnya saat itu.



Komentar