HOT NEWS

Latma dengan AS, Kapal Perang Singapura Tembakkan Rudal Harpoon di Guam

Jumat, 04 Oktober 2019 15:02
Penulis : Beny Adrian
Latma dengan AS, Kapal Perang Singapura Tembakkan Rudal Harpoon di Guam

Kapal perang Singapura RSS Intrepid menembakkan rudal antikapal Harpoon di perairan Guam. Sumber: mindef

Angkasa.news - Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) dan Angkatan Laut AS (USN) telah memulai serangkaian latihan bersama mencakup penembakan pertama Naval Strike Missile (NSM) di Asia Pasifik.

Latihan bersama dibawah kerangka latihan dua tahunan RSN-USN yang dikenal sebagai Latihan Pacific Griffin, dimulai pada 24 September di perairan Guam.

Latihan dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas tempur antara kedua angkatan laut dan pertama kali diadakan pada tahun 2017.

NSM yang ditembakkan selama latihan dikerahkan dari kapal perang littoral USS Gabrielle Giffords (LCS 10).

Rudal berhasil menghantam sebuah kapal fregat bekas milik AL AS yang sebelumnya beroperasi sebagai USS Ford. Target berada pada jarak sekitar 170 mil di lepas pantai Guam.

Kapal yang dinonaktifkan itu juga digunakan sebagai target oleh frigat kelas Formidable milik Singapura yaitu RSS Formidable dan RSS Intrepid, yang keduanya menembakkan rudal antikapal Harpoon.

Sebagai bagian dari latihan, RSS Formidable juga mencegat target udara kecepatan tinggi yang dapat diamati dengan rudal permukaan ke udara Aster. Sementara helikopter angkatan laut Sikorsky S-70B Seahawk yang dioperasikan Singapura menembakkan torpedo ke sasaran  simulasi bawah air.

“Ruang latihan yang luas di perairan Guam memberi AL Singapura peluang untuk melakukan latihan dengan cakupan dan kompleksitas substansial, termasuk perang laut tingkat lanjut dengan AL AS melintasi spektrum penuh antiudara, antipermukaan, dan perang antikapal selam,” kata Kementerian Pertahanan Singapura dalam rilis pada 2 Oktober.



Komentar