HOT NEWS

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Tipe Anyar dari Kapal Selam

Kamis, 03 Oktober 2019 16:22
Penulis : Beny Adrian
Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Tipe Anyar dari Kapal Selam

Sumber: KCNA

Angkasa.news - Korea Utara membenarkan bahwa selama peluncuran hari Rabu (2/10), mereka berhasil menguji coba rudal balistik baru yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) seperti dikutip kantor berita KCNA.

“Akademi Ilmu Pertahanan Republik Demokratik Rakyat Korea telah berhasil melakukan uji coba penembakan tipe baru SLBM Pukguksong-3 di perairan Teluk Wonsan di Laut Timur (Laut Jepang) Korea pada Rabu pagi,” ungkap kantor berita ini.

Selama peluncuran, yang dilakukan dalam mode vertikal, indeks teknis dan taktis utama dari rudal balistik yang baru dirancang dikonfirmasi secara ilmiah dan teknis.

Pada hari Rabu, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara dilaporkan melakukan uji coba peluncuran SLBM. Pasukan AS di Korea diberitahu tentang peluncuran.

Menurut pemerintah Jepang, rudal itu pecah menjadi beberapa bagian setelah peluncuran dan salah satunya mencapai zona ekonomi eksklusif Jepang.

Juru bicara resmi Sekretaris Jenderal PBB, Stephane Dujarric, mengatakan peluncuran itu sangat memprihatinkan.

“Tentu saja peluncuran itu sangat memprihatinkan. Peluncuran rudal balistik adalah pelanggaran lain terhadap resolusi Dewan Keamanan,”  katanya.

Dalam hal itu, Dujarric menyatakan harapan untuk pembicaraan tingkat kerja yang bermanfaat antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

“Sekretaris Jenderal berharap kedua belah pihak bekerja untuk melanjutkan pembicaraan ini dan untuk membuat kemajuan pada implementasi deklarasi bersama AS-DPRK 12 Juni 2018 terhadap denuklirisasi dan perdamaian berkelanjutan di Semenanjung,” kata pejabat PBB itu.



Komentar