HOT NEWS

Kedubes AS di Baghdad Mendapat Serangan Rudal, Satu Orang Dilaporkan Terluka

Senin, 27 Januari 2020 10:36
Penulis : Beny Adrian
Kedubes AS di Baghdad Mendapat Serangan Rudal, Satu Orang Dilaporkan Terluka

Sumber: TASS

Angkasa.news - Tiga rudal menghantam kedutaan besar Amerika Serikat di Baghdad, Irak pada Minggu (26/1). Salah satunya mengenai kantin. 

Dari kejadian ini, setidaknya satu orang terluka dalam serangan rudal terhadap kedubes Amerika di ibukota Irak, Baghdad seperti dilaporkan Agence France-Presse pada Senin. Belum terungkap kewarganegaraan korban luka dari peristiwa ini.

Kedubes AS di Baghdad telah berulang kali diserang dalam beberapa bulan terakhir. Namun baru kali ini untuk pertama kalinya rudal mendarat langsung di kompleks. 

Serangan hari Minggu ini dalah yang kedua dalam tujuh hari terakhir. Pada 20 Januari, tiga rudal juga mendarat di dekat kedutaan.

Pada Minggu malam, lima rudal diluncurkan di Zona Hijau Baghdad yang merupakan sebuah distrik yang dibentengi dengan baik di pusat kota di mana gedung-gedung pemerintah dan misi diplomatik asing berada.

Tiga rudal mendarat di kedutaan AS, salah satunya menghantam gedung kantin tempat makan malam disajikan pada saat itu.

Setelah insiden, penjabat Perdana Menteri Irak Adil Abdul-Mahdi memerintahkan pasukan keamanan nasional untuk mengambil setiap langkah guna mencegah serangan serupa terhadap kedutaan AS di Baghdad. 

Dia mengecam serangan sebagai tindakan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh individu yang terpisah, menggarisbawahi bahwa serangan ini dapat menyebabkan konsekuensi serius. 

Penjabat PM ini juga mengatakan telah memberikan perintah untuk memulai penyelidikan, menemukan mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu dan membawanya ke pengadilan. Duta Besar AS untuk Irak Matthew Tueller juga mengecam keras penyerangan hari Minggu itu.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.