HOT NEWS

Kapal Selam Kelas Kalvari Kedua dari Enam yang Dipesan, Diserahkan kepada Angkatan Laut India

Minggu, 22 September 2019 18:30
Penulis : Beny Adrian
Kapal Selam Kelas Kalvari Kedua dari Enam yang Dipesan, Diserahkan kepada Angkatan Laut India

Kapal selam kedua India INS Kalvari saat diluncurkan Desember 2017. Sumber: ndtv.com

Angkasa.news - Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL) India mengirimkan kapal selam diesel-listrik (SSK) Kalvari (Scorpène) yang dibangun dengan lisensi kepada Angkatan Laut India.

Kapal, yang akan diberi nama INS Khanderi ini, diserahkan pada 19 September lalu dalam upacara pengiriman di Mumbai.

Kapal selam yang memiliki kemampuan siluman dan sanggup melancarkan serangan torpedo, akan ditugaskan secara resmi oleh Menteri Pertahanan Rajnath Singh pada 28 September di Mumbai.

Khanderi adalah yang kapal kedua dari enam kapal selam yang dipesan berdasarkan kontrak 3,2 miliar dolar AS yang diteken dengan Naval Group (DCNS) pada Oktober 2005 di bawah program kapal selam Project 75 India.

INS Khanderi diluncurkan pada Januari 2017. Pada awalnya dijadwalkan untuk commissioning pada awal 2018 setelah diturunkan ke air.

Sejak itu telah ditunda hingga 28 September 2019, seperti yang dilaporkan janes.com awal bulan ini mengutip pejabat senior Angkatan Laut India.

Kapal selam INS Khanderi memiliki panjang 66 m dan dapat menampung 31 awak termasuk enam perwira. Kapal selam ini dapat mencapai kecepatan 20 knot saat menyelam dan mampu beroperasi selama 50 hari.

“Kelas kapal selam Scorpène dapat melakukan berbagai tugas yang biasanya dilakukan oleh setiap kapal selam modern yang meliputi perang antipermukaan dan antikapal selam,” kata Kementerian Pertahanan India.

INS Khanderi adalah kapal kedua dari enam kapal selam kelas Kalvari yang dipesan Angkatan Laut India. Ini adalah kapal selam serang diesel-listrik yang dirancang oleh DCNS dari Perancis yang lisensinya diperoleh oleh Mazagon Dock Limited di Mumbai.

Kapal pertama dari proyek ini, INS Kalvari, sudah bertugas sejak Desember 2017. 

Kalvari pertama, yang ditugaskan pada 8 Desember 1967, juga merupakan kapal selam pertama Angkatan Laut India. kapal pertama dengan Kalvari ini dinonaktifkan pada 31 Mei 1996 setelah hampir tiga dekade bertugas.



Komentar