HOT NEWS

Juli Ini, Jerman Akan Kirim Frigate Hamburg untuk Penugasan 5 Bulan di Samudera Hindia 

Senin, 23 Maret 2020 20:46
Penulis : Beny Adrian
Juli Ini, Jerman Akan Kirim Frigate Hamburg untuk Penugasan 5 Bulan di Samudera Hindia 

Kapal perang Jerman, FGS Hamburg. Sumber: US Navy

Angkasa.news - Angkatan Laut Jerman (Deutsche Marine) berencana mengirim frigat Hamburg (F220) F124 kelas Sachen ke Samudra Hindia untuk penempatan selama lima bulan.


Masa penugasan akan diisi dengan sejumlah pelatihan. Menurut Angkatan Laut Jerman, penempatan di Indo-Pasifik dijadwalkan akan dimulai Juli tahun ini.

Frigat Hamburg yang ditugaskan ke Skadron Frigate ke-2 Angkatan Laut (2. Fregattengeschwader) akan memulai pelayaran dari Wilhelmshaven. Hamburg saat ini sedang dipersiapkan.

Perjalanan ini termasuk kunjungan ke pelabuhan Perancis di pulau Reunion. 

Indian Ocean Naval Symposium (IONS) yang diadakan tahun ini oleh Angkatan Laut Perancis, akan berlangsung di Reunion pada akhir Juni. Sehubungan IONS, frigat juga akan mengambil bagian dalam manuver laut Franco-Jerman.

IONS terdiri dari 23 negara tetangga di Samudera Hindia dan 9 negara pengamat termasuk Jerman. IONS pertama diadakan pada 2008 oleh Angkatan Laut India.

Frigat diharapkan mengunjungi Australia dan sejumlah pelabuhan lainnya di Kawasan Samudera Hindia. Selain kunjungan pelabuhan, latihan dengan pasukan angkatan laut dari masing-masing negara tuan rumah juga direncanakan.

FGS Hamburg (F220) adalah frigat kelas Sachsen kedua di Angkatan Laut Jerman. Kapal dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel.

Kapal perang ini berpangkalan di Wilhelmshaven, yang awalnya sebagai bagian dari 1. Fregattengeschwader dengan kapal-kapal lain dari kelas Sachsen.

Mulai 9 Januari 2005 sebagai bagian dari 2. Fregattengeschwader, yang dengan sendirinya menjadi bagian dari Einsatzflottille 2 yang baru pada 27 Juni 2005.

Setiap frigat kelas Sachsen dilengkapi Mark 41 (Mk 41) Mod 10 32 Mod Tactical Launching System (VLS) 32 peluncur yang dapat dipersenjatai dengan rudal SM-2 Block IIIA. 

Sebanyak 24 rudal SM-2 Block IIIA bersama 32 RIM-162 Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM) adalah senjata anti-udara utama dari fregat Hamburg. 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.