HOT NEWS

Jerman Terima Helikopter NH90 Sea Lion Pertama, Siap Gantikan Sea King

Sabtu, 26 Oktober 2019 13:00
Penulis : Beny Adrian
Jerman Terima Helikopter NH90 Sea Lion Pertama, Siap Gantikan Sea King

Helikopter Airbus NH90 Sea Lion. Sumber: Airbus

Angkasa.news - Kantor Federal Jerman untuk Peralatan Bundeswehr, Teknologi Informasi, dan Dukungan Dalam Layanan, menerima helikopter NH90 Sea Lion pertama dari Airbus Helicopter di Donauwörth, Jerman selatan (24/10).

Dua helikopter lagi akan dikirim pada akhir 2019 dan pengiriman semua 18 heli akan selesai pada 2022.

Menurut komandan penerbangan angkatan laut Jerman, Kapitän zur See (Kapten) Thorsten Bobzin, misi Sea Lion akan mencakup SAR militer dan sipil, pengawasan wilayah laut, dan transportasi taktis penyelam pasukan khusus Angkatan Laut Jerman, tim boarding serta dan personel dan material.

Menurut Wolfgang Schoder, CEO Airbus Helicopters Deutschland mengatakan, Sea Lion melebihi kemampuan yang disepakati dalam kontrak Juni 2015 untuk helikopter.

NH90 Sea Lion memiliki kemampuan IFR (instrument flight rules) baru yang menjadikannya NH90 pertama yang bisa terbang dalam lalu lintas udara sipil. Selain tentunya sistem IFF terbaru, pencari arah lanjutan untuk frekuensi SAR, empat radio V/UHF.

Termasuk kemampuan komunikasi satelit dan sistem identifikasi otomatis, radio taktis digital TETRA, senapan mesin M3M 12,7mm di kedua sisi, dan rampa belakang untuk menambah daya muat.

Berkat kapabilitas multiperan dan pertumbuhannya, Sea Lion tidak hanya akan menggantikan armada Mk41 Sea King Angkatan Laut Jerman, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kemampuan operasionalnya.

Kontrol penerbangan fly-by-wire NH90 akan mengurangi beban pilot, terutama di saat melayang di atas air bahkan dalam kondisi cuaca buruk.



Komentar