HOT NEWS

Jelas Sudah, Singapura Akan Akuisisi 12 Pesawat Tempur F-35B STOVL

Senin, 13 Januari 2020 17:30
Penulis : Beny Adrian
Jelas Sudah, Singapura Akan Akuisisi 12 Pesawat Tempur F-35B STOVL

Pesawat tempur F-35B Lightning II STOVL. Sumber: Lance Cpl. Ginnie Lee

Angkasa.news – Negara tetangga kecil mungil, Singapura, dari dulu memang dikenal sangat update urusan alutsista. Negara berlambang singa ini selalu di depan urusan satu ini.


Setelah sebelumnya diberitakan bahwa Angkatan Udara Singapura tertarik membeli pesawat tempur F-35B Lightning II STOVL (Short Take-Off dan Vertical Landing) melalui paket FMS (Foreign Military Sales), dua hari yang lalu diberitakan bahwa Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyetujui rencana penjualan ini.

Potensi penjualan senilai 2,75 miliar dolar AS ini akan memberikan Lockheed Martin napas baru untuk memproduksi pesawat tempur canggih ini.

Paket penjualan akan termasuk suku cadang terkait, logistik, dan dukungan pelatihan ke Singapura.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) mengumumkan pada 9 Januari bahwa pemerintah Singapura telah meminta batch awal empat pesawat F-35B STOVL dengan opsi tambahan delapan pesawat.

DSCA juga mengungkapkan bahwa paket yang diusulkan mencakup hingga 13 mesin Pratt & Whitney F135 termasuk satu cadangan awal, system peperangan elektronik, komunikasi, dan sistem navigasi, Autonomic Logistics Information System (ALIS), pengembangan dan integrasi perangkat lunak, dan peralatan pelatihan.

Jika terwujud, Singapura akan menjadi negara keempat di Asia Pasifik yang mengoperasikan F-35 setelah Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

Sejak awak, Singapura tidak pernah mengoperasikan pesawat dengan kemampuan STOVL, sehingga ini akan menjadi babak untuk Angkatan Udara Singapura.

Pada 5 April 2018, Kementerian Pertahanan Singapura mengajukan permintaan membeli F-35B dari AS. Kemudian diumumkan pada 18 Januari bahwa mereka telah mengidentifikasi F-35 sebagai pengganti paling cocok untuk pesawat tempur F-16C/D.

Pembelian F-35B oleh Singapura ini sempat memancing pergunjingan netizen tanah air, terkait tidak adanya kejelasan pembelian Su-35 oleh TNI AU. 



Komentar