HOT NEWS

Israel Akan Tutup Skadron F-16 yang Hancurkan Reaktor Nuklir Irak

Jumat, 15 Mei 2020 15:00
Penulis : Remi
Israel Akan Tutup Skadron F-16 yang Hancurkan Reaktor Nuklir Irak

Sumber: Twitter/@iafsite

Angkasa.news - Departemen Pertahanan Israel mengumumkan akan menutup satu skadron jet tempur F-16 akhir tahun ini untuk merampingkan organisasi angkatan udara dan mengalokasikan dana untuk pesawat yang lebih canggih.

Ini merupakan bagian dari Momentum Plan yang digalakkan Departemen Pertahanan Israel tahun ini.

Komandan Angkatan Udara Israel Mayjen Amikam Norkin memutuskan menutup Skuadron Jet Pertama ke-117, yang menerbangkan jet F-16 dari pangkalan udara Ramat David Israel utara pada Selasa (12/5/2020). Targetnya, skadron tersebut akan ditutup pada Oktober mendatang.


“Di bawah program Momentum Plan, Kepala Staf Letnan Jenderal Aviv Kohavi membuat serangkaian keputusan yang diarahkan pada efisiensi internal dan mengurangi sistem lama, bersamaan dengan perolehan dan pengembangan sistem baru. Sebagai bagian dari keputusan ini, kepala staf memutuskan untuk menutup skuadron jet tempur,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, Rabu (13/5/2020).

Menurut Departemen Pertahanan Israel, salah satu alasan menutup skuadron F-16 adalah agar Israel memiliki dana tambahan untuk pesawat generasi kelima yang baru, yaitu jet tempur siluman F-35.

Skuadron ke-117 dibentuk pada tahun 1953. Sejak awal dibentuk, skadron ini selalu ambil bagian dalam setiap perang dalam sejarah Israel serta sejumlah operasi besar.

Salah satu operasi paling fenomenal yang pernah dilakukan Skadron ke-117 adalah saat menggelar Operasi Opera yang menghancurkan reaktor nuklir Irak pada 1981.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Departemen Pertahanan Israel juga mengumumkan akan menutup dua skadron angkatan udara, serta satu brigade lapis baja.



Komentar