HOT NEWS

India Gelontorkan 2,6 Miliar Dolar AS untuk 24 Helikopter MH-60R Seahawk

Jumat, 21 Februari 2020 07:00
Penulis : Beny Adrian
India Gelontorkan 2,6 Miliar Dolar AS untuk 24 Helikopter MH-60R Seahawk

India akan peroleh 24 helikopter MH-60R Seahawk. Sumber: Commonwealth of Australia

Angkasa.news - Komite Kabinet India untuk Keamanan (CCS) telah menyetujui pembelian senilai 2,6 miliar dolar AS untuk 24 helikopter Lockheed Martin/ Sikorsky MH-60R Seahawk.

Helikopter nantinya akan dioperasikan oleh Angkatan Laut India.

Sumber resmi mengatakan bahwa CCS, yang diketuai Perdana Menteri Narendra Modi, pada 19 Februari memastikan pengadaan yang tertunda lama helikopter bermesin ganda di bawah program Penjualan Militer Asing AS (FMS).

Pengumuman disampaikan menjelang kunjungan dua hari Presiden AS Donald Trump ke India yang dijadwalkan 24 Februari.

Perwira senior AL India mengatakan, kesepakatan kemungkinan akan diumumkan selama kunjungan Trump. Pengadaan dilakukan untuk mengatasi kekurangan helikopter di kapal perang garis depan India.

MH-60R diakuisisi di bawah kategori “buy global” dari Prosedur Pengadaan Pertahanan Kementerian Pertahanan (2016).

Heli akan dilengkapi stasiun senjata kembar, yang masing-masing akan memasang dua rudal antikapal dan jumlah torpedo ringan untuk misi antikapal selam (ASW). Platform juga akan dipersenjatai dengan bom laut dalam.

Platform yang diusulkan akan menggantikan armada Westland Sea King Mk 42B/C dan Kamov Ka-28 yang digunakan sejak 1980-an.

Pada April 2019, Departemen Luar Negeri AS menyetujui permintaan New Delhi untuk memperoleh 24 helikopter MH-60R Seahawk, serta satu helikopter MH-60B/ R Excess Defense Article (EDA) dari Angkatan Laut AS yang kemungkinan akan digunakan untuk latihan.
 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.