HOT NEWS

India Deteksi Pergerakan Pesawat Tempur China di Perbatasan

Senin, 22 Juni 2020 10:00
Penulis : Remi
India Deteksi Pergerakan Pesawat Tempur China di Perbatasan

Pesawat angkut IL-76 milik AU India. Sumber: @IAF_MCC

Angkasa.news - India mengklaim pihaknya telah mendeteksi pergerakan yang tidak biasa dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) di Ladakh. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala Angkatan Udara India (IAF) Marsekal RKS Bhadauria, Minggu (21/6/2020).

Berbicara di Akademi Angkatan Udara di Hyderabad, India, kepala IAF mengatakan bahwa India tahu tentang pergerakan pesawat China di sepanjang daerah perbatasan India-China, di pangkalan-pangkalan militer di sekitaran Ladakh, dan pangkalan udara China.

“Selama musim panas, ada latihan biasa. Namun saat ini, kami telah memperhatikan pergerakan yang lebih dari biasanya. Kami telah mengambil tindakan yang perlu," katanya tanpa menjelaskan secara detil langkah yang ia ambil.


Bhadauria mengatakan bahwa India tidak berperang dengan China tetapi siap untuk segala kemungkinan. “Tidak, kita tidak berperang dengan Tiongkok. Tetapi kami siap untuk segala kemungkinan. Semua upaya sedang dilakukan untuk menyelesaikan situasi di LAC (Line Actual Control) secara damai," katanya.

Sedikitnya 20 tentara India terbunuh di Lembah Galwan di Ladakh setelah sebuah baku tembak terjadi antara pasukan India dan China pada hari Selasa minggu lalu.

Di sisi lain, Beijing justru menuduh India telah melintasi perbatasan, dan menyerang personil militer China. Juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan, pasukan India telah melewati garis perbatasan dua kali pada hari Senin (17/6/2020).

"Personil India memprovokasi dan menyerang personil Tiongkok, mengakibatkan konfrontasi fisik yang serius antara pasukan perbatasan di kedua sisi".

Beijing pun dikabarkan telah mengajukan protes keras ke Delhi.



Komentar