HOT NEWS

Incar Teknologi Roket, Argentina Teken Perjanjian Kerja Sama Ruang Angkasa dengan Rusia

Rabu, 09 Oktober 2019 08:45
Penulis : Beny Adrian
Incar Teknologi Roket, Argentina Teken Perjanjian Kerja Sama Ruang Angkasa dengan Rusia

Sumber: TASS

Angkasa.news - BUMN Rusia Roscosmos dan Komisi Kegiatan Antariksa Nasional Argentina telah meneken protokol kerja sama bilateral dalam hal penelitian ruang angkasa dan penggunaan ruang angkasaa untuk tujuan damai.

Penandatanganan berlangsung di Kementerian Luar Negeri Argentina pada Selasa (8/10).

“Perjanjian disusun sedemikian rupa untuk mencakup semua bidang aktivitas ruang angkasa,” kata Wakil Direktur Jenderal Roscosmos Mikhail Khailov kepada media.

Menurutnya, perjanjian mencakup kerja sama dalam bidang navigasi, pembacaan bumi, penelitian dan pengembangan peralatan ruang angkasa dan piloted spacecrafts.

Menurut Khailov, perjanjian memberikan dasar hukum untuk pekerjaan lebih lanjut pada proyek-proyek tertentu. Dokumen tersebut akan menggantikan perjanjian bilateral sebelumnya tentang kerja sama dalam bidang ruang angkasa yang diteken pada 1990.

Perjanjian baru juga mencakup artikel tentang kekayaan intelektual dan pertukaran teknologi, yang tidak ada pada perjanjian sebelumnya.

Untuk itu Roscosmos dan Komisi Kegiatan Antariksa Nasional Argentina akan bertukar gagasan untuk proyek-proyek bersama dalam waktu dekat.

Argentina sendiri memperlihatkan ketertarikan terhadap teknologi Rusia terutama dalam hal pengembangan roket dan ruang angkasa.

Khailov menambahkan bahwa Roscosmos ingin memperluas kerja sama ruang angkasa dengan negara-negara lain di kawasan itu.

“Kami tertarik mengembangkan proyek navigasi di Amerika Latin untuk memiliki jangkauan global yang baik dari semua sinyal. Salah satu prioritas kami adalah GLONASS, namun, kami siap berdialog di bidang lain,” tambahnya.



Komentar