HOT NEWS

Hadang China, Taiwan Jor-joran Belanja Ribuan Rudal sampai Tank

Selasa, 11 Juni 2019 12:05
Penulis :
Hadang China, Taiwan Jor-joran Belanja Ribuan Rudal sampai Tank

MBT M1A2 Abrams. Sumber: US Army

Angkasa.news - Menghadapi situasi yang kian tak menentu di bawah bayang-bayang China, Taiwan terus menambah jumlah alutsistanya.

Belum kontrak pesawat tempur F-16V Viper senilai ratusan miliar dolar AS selesai dikerjakan, militer Taiwan pun beralih ke pengadaan alutsista darat.

Militer Taiwan telah mengirim permintaan ke Pentagon untuk serangkaian pembelian perangkat keras, termasuk 108 tank M1A2 Abrams varian tercanggihnya, SEPv3 untuk menggantikan sejumlah M48 dan M60A3 yang sudah sangat menua.

Taiwan juga telah meminta untuk membeli 1.240 unit BGM-71 TOW rudal antitank yang dapat digunakan oleh kendaraan antitank maupun helikopter, 409 FGM-148 Javelin rudal darat-ke-darat pencari panas dan 250 rudal FIM-92 Stinger yang merupakan misil antipesawat.

Pentagon pun sudah menindaklanjutinya dengan menotifikasi Kongres AS untuk memintakan persetujuannya sebelum dapat memproses kontrak dengan perusahaan pembuatnya.

Di tengah ketegangan perang dagang dan tuduhan aksi China memata-matai korporat dan Pemerintah AS, Taiwan kali ini memperoleh peluang besar bahwa permintaannya akan disetujui, sehingga persenjataan modern AS tersebut akan memperkuat militer Taiwan apabila sampai diserang China.

 

Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas kesalahan nama, data, dan isi artikel sebagaimana tertera.



Komentar