HOT NEWS

Garuda Indonesia Ikut Larang Penumpang Bawa Macbook Pro

Jumat, 30 Agustus 2019 10:00
Penulis : Remi
Garuda Indonesia Ikut Larang Penumpang Bawa Macbook Pro

Sumber: Garuda Indonesia

Angkasa.news - Setelah beberapa hari lalu beberapa maskapai di Asia Pasifik mengeluarkan larangan kepada penumpang untuk menaruh Macbook Pro dalam bagasi, kemarin (29/8/2019) maskapai Garuda Indonesia akhirnya juga ikut mengeluarkan larangan serupa.

Larangan ini bahkan cenderung lebih tegas ketimbang maskapai kebanyakan.

 "Maskapai nasional Garuda Indonesia mengeluarkan larangan bagi penumpang untuk membawa produk tersebut ke dalam pesawat baik di kabin, bagasi maupun layanan kargo," kata VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan dalam keterangan tertulis, Jumat (29/8/2019).


Menurut perusahaan, kebijakan tersebut sejalan dengan aturan yang dikeluarkan oleh Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (European Union Aviation Safety Agency/EASA) serta regulasi dari Asosiasi Penerbangan Sipil Internasional (IATA) mengenai Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154). Regulasi itu mengatur soal larangan membawa MacBook Pro (Retina 15-Inch) yang telah diinformasikan oleh pihak Apple menyusul ditemukannya permasalahan pada baterai laptop tersebut yang berpotensi menimbulkan gangguan terhadap aspek keselamatan penerbangan.

Macbook Pro yang dimaksud adalah Macbook Pro yang memiliki ukuran layar 15 inci (Retina Display) yang diproduksi antara tahun 2015 hingga 2017. Komputer jinjing itu sendiri mulai dirilis pertama kali tahun 2015.

Pihak Garuda Indonesia melarang penumpang membawa komputer jinjing tersebut lantaran dikhawatirkan mudah meledak, terutama jika dalam kondisi menyala. Ledakan ini disebabkan lantaran suhu baterai lithium-ion yang cepat memanas.

Sebelumnya, Qantas Airways, Virgin Australia, dan Thai Airways telah merilis larangan serupa. Bedanya, Macbook Pro hanya tidak boleh masuk ke dalam bagasi pesawat. Seluruh pengguna Macbook Pro 15 inci harus membawanya ke dalam kabin dan menonaktifkannya selama penerbangan. Komputer jinjing itupun tidak boleh diletakkan di kompartemen penyimpanan barang di atas kepala.

Apple sebagai produsen Macbook telah mengundang seluruh pengguna Macbook Pro 15 inci yang dibuat tahun 2015-2017 untuk datang ke gerai resmi Apple agar baterai komputer jinjing tersebut bisa diganti. 

 



Komentar