HOT NEWS

Filipina Kirim Pesawat Latih SIAI‑Marchetti S-211 untuk Patroli di Laut China Selatan

Rabu, 26 Februari 2020 19:15
Penulis : Beny Adrian
Filipina Kirim Pesawat Latih SIAI‑Marchetti S-211 untuk Patroli di Laut China Selatan

Tiga pesawat SIAI‑Marchetti S-211 ditugaskan untuk patroli maritim oleh Angkatan Udara Filipina. Sumber: FB TOW

Angkasa.news - Angkatan Udara Filipina mengerahkan tiga pesawat latih SIAI‑Marchetti S-211 untuk tugas  patroli maritim di Laut China Selatan. 

Ketiga AS-211 ini dikerahkan ke Pulau Palawan pada Senin (24/2) dalam upaya Filipina meningkatkan patroli maritim di Laut Filipina Barat.

Pengerahan pesawat latih ini dilakukan untuk mendukung operasi lebih luas yang dilakukan Angkatan Bersenjata Komando Barat Filipina (WESCOM) atas wilayah perairan yang disebut Manila sebagai Laut Filipina Barat.

Untuk patrol ini, pesawat akan beroperasi di Pangkalan Udara Antonio Bautista di Palawan.

Gambar yang dirilis melalui media sosial resmi Wing Operasi Taktis Angkatan Udara Filipina menunjukkan, setidaknya dua pesawat telah dilengkapi tangki bahan bakar tambahan sebagai bagian dari operasi.

Soal kondisi S-211, akhir tahun lalu diberitakan bahwa Angkatan Udara Filipina tengah mencari pemasok atau kontraktor untuk memperbaiki dan merombak enam kursi lontar SIAI-Marchetti S-211.

Pesawat latih SIAI-Marchetti S-211 ditenagai mesin turbofan dan menjadi andalan dalam melatih penerbang tempur Filipina.
Awal 1990-an, Filipina mengakuisisi 24 pesawat sebagai dukungan untuk armada tempur Northrop F-5 Tiger. Hampir tiga hingga lima unit masih beroperasi.

Selain Filipina, pelatih latih jet ini juga digunakan oleh Haiti dan Singapura. SIAI-Marchetti memulai pengembangan S-211 pada 1976. Prototipe pertama melakukan penerbangan perdananya pada 10 April 1981.

Angkatan Udara Singapura menjaid pemesan pertama untuk 10 pesawat pada 1983. Sekitar 60 pesawat SIAI-Marchetti S-211 telah dijual ke angkatan udara di seluruh dunia.



Komentar