HOT NEWS

Exercise Co-operation 2019, Latihan Serbuan Kota Pasukan Khusus Singapura dan China

Kamis, 08 Agustus 2019 12:05
Penulis : Beny Adrian
Exercise Co-operation 2019, Latihan Serbuan Kota Pasukan Khusus Singapura dan China

Pasukan khusus Singapura dan China dalam Exercise Co-operation 2019. Sumber: Mindef

Angkasa.news - Pasukan khusus dari Singapura dan China melaksanakan latihan bersama Exercise Co-operation 2019 yang dilaksanakan di Singapura dari 27 Juli hingga 5 Agustus 2019.


Kepala Staf AB Singapura Brigjen Kenneth Liow dan Komandan Tentara Komando Selatan China Letjen Zhang Jian, hadir dalam upacara penutupan latihan di Kamp Jurong (5/8).

Latihan 10 hari itu fokus pada operasi kontra-terorisme di lingkungan perkotaan. Latihan melibatkan sekitar 240 personel dari 3rd Singapore Division dan 1st Commando Battalion. Sementara China mengirim pasukan khusus dari Southern Theater Command Army (STCA) 74th Army Group.

Menurut Kementerian Pertahanan Singapura, Exercise Co-operation 2019 adalah iterasi keempat dan paling kompleks dari seri latihan sejak awal 2009.

Latihan ini terdiri dari tiga segmen. Yaitu pelatihan komponen komando, live firing, dan operasi gabungan di medan perkotaan.

Selama latihan, pasukan khusus Singapura dan China berlatih bersama dengan berbagai materi. Seperti rappelling, penanganan senjata, bahan peledak dasar dan teknik pertempuran jarak dekat.

Puncak latihan dilakukan dalam sebuah operasi bersama berupa misi kontra-teroris dalam wilayah perkotaan. Pasukan khusus Singapura dan China melakukan serangan serentak di Murai Urban Training Facility.

Berbicara pada upacara penutupan, Brigjen Liow mengatakan bahwa ‘Latihan Kerjasama’ telah berkembang semakin kuat.

Exercise Co-operation 2019. Sumber: Mindef

“Exercise Co-operation 2019 menandai satu dekade sejak latihan dimulai tahun 2009, diadakan di Guilin, China. Latihan ini telah berkembang dengan pesat sejak itu, mengimbangi momentum positif dari hubungan pertahanan Singapura dan China. Peningkatan skala latihan dapat dilihat dari kedua belah pihak mengirim lebih banyak pasukan dan perpanjangan durasi latihan untuk meningkatkan nilai pelatihan bagi tentara kita,” ujarnya.

“Kami berharap terus memperluas cakupan dan meningkatkan level pelatihan. Dengan bekerja-sama, kami berharap untuk maju dan menjaga keselamatan di kawasan ini, sehingga memperdalam persahabatan dan mempromosikan perdamaian dan kemakmuran regional,” balas Letjen Zhang Jian.

Dimulai sejak 2009, Latihan Kerjasama adalah edisi keempat tahun ini. Latihan ini menggarisbawahi hubungan pertahanan bilateral yang hangat dan bersahabat antara Singapura dan China, serta meningkatkan rasa saling percaya dan saling pengertian.



Komentar