HOT NEWS

Dua Hari Dua Insiden, Helikopter Apache dan Cheetah Angkatan Udara India Terpaksa Mendarat Darurat

Sabtu, 18 April 2020 10:33
Penulis : Beny Adrian
Dua Hari Dua Insiden, Helikopter Apache dan Cheetah Angkatan Udara India Terpaksa Mendarat Darurat

Helikopter AH-64E Apache India mendarat darurat. Sumber: @livefist

Angkasa.news - Helikopter serang AH-64E Apache milik Angkatan Udara India, terpaksa melakukan pendaratan darurat di wilayah Punjab (17/4). Pendaratan dilakukan di sebuah lapangan di Hoshiarpur.


Media lokal melaporkan bahwa helikopter melakukan pendaratan darurat di Desa Hoshiyarpur setelah ada kesalahan teknis. Tidak ada korban jiwa atau benda dalam insiden ini.

Helikopter buatan Boeing, Amerika Serikat ini bertugas di pangkalan udara Pathankot.

Heli pertama dari empat AH-64E Apache India, tiba dari AS pada 2019. Apache diangkut pesawat Antonov An-124 Ruslan dan tiba di pangkalan udara Hindon di Ghaziabad pada 27 Juli.

Angkatan Udara India membeli AH-64E untuk menggantikan armada Mi-35 Hind dari Rusia. 

Boeing menyerahkan empat unit helikopter pertama dari total 22 helikopter serang Apache kepada Angkatan Udara India pada 27 Juli 2019.

Kesepakatan senilai 2 miliar dolar AS itu diteken antara India dan AS pada September 2015. Pengiriman keseluruhan heli direncanakan kelar tahun ini.

Dari foto yang bereda di akun twitter @livefist, tidak terlihat ada kerusakan pada helikopter serang AH-64E Apache India ini. 

Sehari sebelumnya dilaporkan, helikopter Cheetah Angkatan Udara India juga melakukan pendaratan darurat di jalan raya dekat Stasiun Angkatan Udara Hindon.

Helikopter terbang dari Hindon ke Chandigarh dalam misi membantu satgas Covid-19 yaitu membawa sampel uji Leh. 

Sekitar tiga mil laut dari Hindon, heli Cheetah mengalami masalah teknis sebelum akhirnya melakukan pendaratan darurat yang aman di jalan raya Outer Ring Road.



Komentar