HOT NEWS

Dekati ADIZ AS dan Kanada, F-22 Raptor Cegat Dua Pembom Tu-95 Bear Rusia

Sabtu, 10 Agustus 2019 08:06
Penulis : Beny Adrian
Dekati ADIZ AS dan Kanada, F-22 Raptor Cegat Dua Pembom Tu-95 Bear Rusia

F-22 mencegat Tu-95 di Alaska. Sumber: NORAD

Angkasa.news - Sistem Kontrol dari Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD), berhasil mengidentifikasi dua pesawat pembom Rusia Tu -95 Bear yang terbang di lepas pantai Alaska pada Kamis (8/8).

Angkatan Udara AS terpaksa mengejar kedua pesawat itu dengan menerbangkan dua pesawat tempur siluman F-22 Raptor, yang dilaporkan berkoordinasi dengan dua pesawat tempur CF-18 Hornet milik Kanada.

Dua pembom Rusia ini dicegat di wilayah ADIZ Alaska dan Kanada pada 8 Agustus.

Setelah pembom jarak jauh Tu-95 Bear Rusia memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, dua F-22 yang didukung pesawat komando terbang E-3 Sentry, KC-135 Stratotanker, C-130 Tanker dan dua CF-18 Kanada, mengudara untuk kedua pembom ini.

Seperti biasa, kedua pembom Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika Serikat atau Kanada.

NORAD menggunakan jaringan pertahanan radar, satelit, dan pesawat tempur berlapis untuk mengidentifikasi pesawat dan menentukan respons yang sesuai.

Identifikasi dan pemantauan pesawat yang memasuki ADIZ AS atau Kanada menunjukkan bagaimana NORAD melaksanakan misi peringatan ruang angkasa dan kontrol untuk AS dan Kanada.



Komentar