HOT NEWS

Covid-19: Eropa Mulai Tarik Pasukan dari Irak dan Afghanistan

Minggu, 29 Maret 2020 18:52
Penulis : Beny Adrian
Covid-19: Eropa Mulai Tarik Pasukan dari Irak dan Afghanistan

Prajurit Belanda yang ditarik dari Afghanistan dan Irak, tiba di Eindhoven. Sumber: Kemhan Belanda

Angkasa.news - Negara-negara Eropa telah mengumumkan penarikan sementara pasukan mereka dari Irak.


Penarikan menyusul pengumuman oleh Combined Joint Task Force Operation Inherent Resolve (CJTF-OIR) pada 20 Maret, bahwa mereka telah berhenti melatih pasukan keamanan Irak untuk mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) menyusul keputusan militer Irak untuk menangguhkan pelatihan.

Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis mengumumkan dalam siaran pers pada 25 Maret, akan menarik sekitar 100 tentara yang terlibat dalam pelatihan Chammal di Irak dan elemen pendukung nasional dari markas OIR di Baghdad pada hari berikutnya hingga situasi memungkinkan dimulainya kembali kegiatan ini. 

Kementerian mengatakan akan melanjutkan perang melawan Negara Islam dengan personel dalam struktur OIR di Kuwait dan Qatar, angkatan laut Perancis, dan dukungan udara dari Yordania dan Qatar.

Spanyol sementara ini menarik 150-200 tentara, termasuk Guardia Civil dari Irak. Penarikan termasuk personel Portugis. 

Kementerian Pertahanan Portugal mengumumkan di web pada 26 Maret bahwa 31 personel militer akan kembali ke Portugal dari Besmayah, 50 km dari Baghdad, ditambah dua tentara dari kedutaan.

Menteri Pertahanan Belanda Ank Bijleveld-Schouten dan Menteri Luar Negeri Stef Blok, memberi tahu parlemen pada 24 Maret bahwa 35 dari 40 tentara Belanda di Erbil dan Baghdad akan ditarik sementara karena kegiatan pelatihan dihentikan selama Ramadhan dan diperkirakan tidak akan dilanjutkan sebelum 24 Mei.

Setelah itu Departemen Pertahanan Belanda mengatakan bahwa para prajurit akan kembali. 

Mereka termasuk di antara 110 pasukan Belanda yang diterbangkan dari Afghanistan dan Irak oleh Angkatan Udara Kerajaan Belanda menggunakan KDC-10 ke pangkalan udara Eindhoven.



Komentar