HOT NEWS

Cabo, Komandan Baru Tim Demo F-22 Raptor Angkatan Udara AS

Senin, 27 Januari 2020 16:30
Penulis : Beny Adrian
Cabo, Komandan Baru Tim Demo F-22 Raptor Angkatan Udara AS

Mayor Joshua "Cabo" Gunderson. Sumber: USAF

Angkasa.news – Beberapa waktu lalu, Angkatan Udara AS memperkenalkan Mayor Joshua Gunderson sebagai pilot terbaru tim demonstrasi pesawat tempur F-22 Raptor.

Mayor Gunderson yang menggunakan panggilan Cabo, akan memimpin tim beranggotakan 14 orang dan bermarkas di Pangkalan Bersama Langley-Eustis di Virginia selama musim pertunjukan 2020 dan 2021. 

Cabo akan menerbangkan F-22 dalam pertunjukan udara di seluruh dunia dan melakukan manuver udara presisi untuk menunjukkan kemampuan F-22 yang unik.

Air Combat Command mengatakan dalam rilisnya, Gunderson juga akan muncul dengan Air Force Heritage Flight Foundation. Untuk tugas ini ia akan menerbangkan F-22 dalam formasi dengan pesawat dari era Perang Dunia II, Korea, dan Vietnam.

"Sejak kecil saya punya satu hal di pikiran, melayani negara saya dan menerbangkan jet tempur di angkatan udara terbesar dunia,” ungkap Gunderson dalam video yang diunggah di Youtube.

“Saya telah belajar bahwa kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita. Ketika Anda merasa ingin berhenti, ingat mengapa Anda memulai, ingat apa yang diperlukan untuk sampai di sini, ingat perjalanannya,” bebernya.

Gunderson adalah pilot pesawat tempur berpengalaman yang telah terbang dalam pertempuran, dengan lebih dari 1.500 jam terbang dan dua kali penugasan ke Timur Tengah.

Sebelumnya ia adalah penerbang F-15C Eagle sebelum dipindah ke F-22 pada 2014. Sejak kecil disebutkan bahwa Gunderson sudah bermimpi untuk terbang di tim demo di Tampa, Florida.

“Dari pertama kali melihat jet di Pangkalan Udara MacDill, saya melihat langit dan bermimpi berada di kursi jet tempur,” katanya Gunderson.

Gunderson lulus Akademi Angkatan Udara di Colorado Springs pada 2008, di mana ia belajar ilmu geospasial dan bahasa Spanyol. 

Saat di akademi, Gunderson ikut program pertukaran taruna dengan Angkatan Udara Spanyol di akademi mereka di San Javier, Spanyol. Dia juga bagian dari Air Force Academy Soaring Team.

Dia mendapatkan wing penerbang dua tahun kemudian, setelah menyelesaikan pelatihan pilot di Sheppard Air Force Base di Texas sebagai bagian dari program Euro-NATO Joint Jet Pilot. Dalam latihan, Mayor Joshua Gunderson menerbangkan pesawat T-6 Texan II dan T-38C Talon.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.