HOT NEWS

Berpotensi Perparah Situasi, Putin Tunda Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow

Jumat, 17 April 2020 19:33
Penulis : Beny Adrian
Berpotensi Perparah Situasi, Putin Tunda Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow

Sumber: TASS

Angkasa.news - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan untuk menunda parade Hari Kemenangan yang rutin digelar di Lapangan Merah Moskow untuk menandai peringatan 75 tahun Kemenangan atas Nazi, tulis Kommersant


Putin menekankan bahwa risiko terkait pandemik virus corona masih sangat tinggi.

Namun dia mencatat bahwa tahun 2020 telah dinyatakan sebagai Tahun Memori (Year of Memory) dan Kemuliaan (Glory) di Rusia dan berjanji bahwa semua acara yang direncanakan untuk 9 Mei akan diadakan akhir tahun ini.

Pada konferensi video dengan Dewan Keamanan Rusia pada Kamis (16/4), Putin menggambarkan ilustrasi bahwa apa yang dialami Rusia saat ini paralel dengan Perang Patriotik Besar Uni Soviet melawan Jerman Nazi.

Saat ini, jelasnya, Rusia melawan penyebaran Covid-19, menekankan bahwa pada masa itu orang berperang melawan Nazi demi kelangsungan hidup mereka.

Sebelumnya, Ketua Dewan Federasi Rusia (majelis tinggi) Valentina Matviyenko mengatakan bahwa tanggal untuk Parade Kemenangan akan tergantung pada situasi waspada virus corona di negara. 

Dia meyakinkan bahwa pawai akan diadakan tahun ini dan berjanji.

Sementara itu Alexei Makarkin, Wakil Kepala Pusat Teknologi Politik, mengatakan bahwa terlepas dari pentingnya Parade Hari Kemenangan untuk doktrin ideologis, kebutuhan untuk menjaga kehidupan dan kesehatan warga menjadi utama saat ini. 

Keputusan menunda pawai adalah langkah yang rasional, dan seseorang tidak boleh melebih-lebihkan potrnsi efek demoralisasi terhadap opini publik. 

Orang-orang paham bahwa kemacetan selama parade dan penonton membludak di Moskow, mungkin berkontribusi pada meluasnya epidemi.



Komentar