HOT NEWS

Berapa Harga yang Harus Bulgaria Bayar untuk Bawa Pulang 8 F-16?

Selasa, 13 Agustus 2019 12:00
Penulis : Remigius Septian
Berapa Harga yang Harus Bulgaria Bayar untuk Bawa Pulang 8 F-16?

Sumber: Lockheed Martin

Bukan hal mudah bagi Bulgaria untuk mengakuisisi F-16 baru. Selain soal harga yang dianggap selangit, birokrasi di internal pemerintah AS juga membuat rencana pemesanan menjadi berliku.

 

Angkasa.news - Kementerian Pertahanan Bulgaria dikabarkan menebus USD 1,2 miliar, atau setara Rp17,2 triliun ke Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DCSA) untuk kontrak pengadaan 8 unit pesawat F-16 Block 70. Hal ini disampaikan oleh media lokal Bulgaria, mengutip rilis resmi Kementerian Pertahanan.

Dana itu kabarnya sudah dibayarkan oleh pemerintah Bulgaria pada 8 Agustus 2019 lalu.


"Dengan langkah ini, pihak Bulgaria telah memenuhi komitmennya berdasarkan kontrak dalam proyek akuisisi pesawat tempur jenis baru untuk Angkatan Udara Bulgaria," kata kementerian tersebut.

Majelis Nasional Bulgaria, parlemen unikameral, meratifikasi empat kontrak Bulgaria-AS untuk akuisisi pesawat F-16 pada akhir Juli lalu. Kesepakatan ini tercatat menjadi belanja militer terbesar Bulgaria sejak jatuhnya komunisme tiga dekade lalu.

Menurut Radio Nasional Bulgaria, F-16 pertama akan tiba pada pertengahan 2023, diikuti oleh empat lagi pada akhir tahun itu. Sisanya akan tiba pada tahun 2024.

Di Indonesia sendiri, opini untuk pemesanan F-16 Block 70 masih terus mengalir dan belum ada kejelasan hingga saat ini. Tarik menarik antara F-16 dengan Su-35 terus bergulir. Pemerintah maupun TNI belum berada di posisi yang jelas soal pemesanan pesawat tempur baru ini.



Komentar