HOT NEWS

Berani Sekali, Destroyer China Tembakkan Laser ke P-8A Poseidon Angkatan Laut AS

Jumat, 28 Februari 2020 20:22
Penulis : Beny Adrian
Berani Sekali, Destroyer China Tembakkan Laser ke P-8A Poseidon Angkatan Laut AS

P-8A Poseidon. Sumber: US Navy

Angkasa.news - Kapal perusak (destroyer) 161 milik Angkatan Laut China, menembakkan laser tingkat senjata (weapons-grade lasers) ke arah pesawat patroli maritim Angkatan Laut AS P-8A Poseidon baru-baru ini. 

Insiden terjadi saat Poseidon dari Armada Pasifik AS ini melaksanakan patroli. Insiden ini disebut tidak aman dan tidak profesional.

Insiden terjadi pada 17 Februari 2020 di Laut Filipina, sekitar 380 mil sebelah barat Guam saat P-8A Poseidon beroperasi di wilayah udara internasional sesuai aturan dan regulasi internasional.

P-8A beroperasi di wilayah udara internasional sesuai aturan dan ketentuan. Menurut pernyataan Pacific Fleet Angkatan Laut AS, senjata laser yang ditembakkan tidak terlihat oleh mata manusia namun bisa ditangkap sensor di pesawat.

"Laser tingkat senjata berpotensi menyebabkan kerusakan serius pada awak, serta sistem kapal dan pesawat," kata Pacific Fleet dalam pernyataannya.

P-8A ditugaskan di VP-45 ini berbasis di Jacksonville, Florida. Pesawat dikerahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Kadena di Okinawa, Jepang. Skadron melakukan operasi rutin, patroli maritim, dan pengintaian di area operasi Armada ke-7 AS. 

Pesawat Angkatan Laut AS secara rutin terbang di Laut Filipina dan telah melakukannya selama bertahun-tahun. Pesawat dan kapal laut AS terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional.

Poseidon adalah pesawat intai maritim canggih yang dikembangkan dan diproduksi Boeing Defense, Space & Security. Pesawat P-8A Poseidon dimodifikasi dari B737-800ERX dan dibuat untuk Angkatan Laut AS.



Komentar