HOT NEWS

Baru Selesai 50%, New Yogyakarta International Airport Siap Terima Pemudik

Kamis, 23 Mei 2019 10:20
Penulis : Remi
Baru Selesai 50%, New Yogyakarta International Airport Siap Terima Pemudik

Sumber: Angkasa/Trisna Bayu

Bandara Adisucipto Yogyakarta dianggap sudah sangat tidak memadai untuk menampung pemudik. Pembagian penerbangan ke New Yogyakarta International Airport dinilai sebagai langkah terbaik.

 

Angkasa.news - Angkasa Pura I menyatakan bahwa New Yogyakarta International Airport (YIA), alias bandara baru Yogyakarta sudah sangat siap untuk menampung tambahan penerbangan di masa mudik mendatang.

Menurut Devy Suradji, Direktur Pemasaran dan Layanan Angkasa Pura I, saat ini sudah ada 21 pengajuan penerbangan tambahan selama masa mudik mendatang. Ia menyatakan, penerbangan tambahan ke YIA adalah penerbangan hingga pukul 18.00.

"Bandara Kulonprogo sudah sangat siap. Tapi untuk penerbangan tambahan di atas jam 18.00 tetap ke Adisucipto," ujarnya.

Walau sudah siap menerima pemudik, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan jika pembangunan New Yogyakarta International Airport saat ini baru mencapai 50%. 

"Sudah selesai dari sisi airside. Targetnya 100% di Desember mendatang. Jadi peresmian bandara akan dilakukan jika sudah 100%," tambahnya.

Selain menerima tambahan penerbangan untuk masa mudik, Batik Air juga berencana memulai penerbangan ke YIA pada tanggal 29 Mei mendatang. 

Angkasa Pura I sendiri mengaku untuk penerbangan mudik tahun ini sudah menerima pengajuan 1.628 penerbangan tambahan di seluruh bandara yang di kelola Angkasa Pura I. Jumlah pengajuan ini sebenarnya turun jauh dari tahun lalu yang berjumlah lebih dari 5.200 pengajuan.

"Tapi tahun lalu dari 5.245 pengajuan, yang direalisasikan hanya 1.276 atau 24,32%. Makanya kami bilang ke airlines untuk mengkaji lagi jumlah pengajuan penerbangan yang lebih realistis," tambah Fahmi.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Angkasa Pura I akan mulai mengoperasikan bandara Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan Lombok selama 24 jam.

Perkiraannya, puncak arus mudik akan terjadi antara 30 Mei hingga 1 Juni dan puncak arus balik pada tanggal 9 dan 10 Juni.



Komentar