HOT NEWS

Bandara Bali Resmi Aktifkan Autogate untuk Periksa Paspor

Kamis, 05 September 2019 12:30
Penulis : Remigius Septian
Bandara Bali Resmi Aktifkan Autogate untuk Periksa Paspor

Sumber: Facebook/Imigrasi Ngurah Rai

Angkasa.news - Fasilitas "autogate" untuk cek paspor di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali secara resmi mulai beroperasi kemarin (4/9/2019). Fasilitas ini memungkinkan pelancong Indonesia dan wisatawan dari 12 negara lain menggunakan sistem otomatis untuk memverifikasi secara elektronik informasi keimigrasian mereka.

Seperti dilaporkan oleh kantor berita Antara, Direktur jenderal imigrasi Ronny F. Sompie menjelaskan bahwa teknologi baru ini akan memungkinkan layanan imigrasi yang lebih cepat dan lebih akurat bagi para pelancong.

“Jika Anda menggunakan sistem autogate, proses imigrasi tidak akan memakan waktu lebih dari satu menit. Jika penumpang dapat mulai menggunakan fasilitas ini, itu akan mengurangi beban kerja pada petugas imigrasi  terutama jika ada antrian panjang," kata Ronny.


Sistem baru ini diharapkan secara bertahap menggantikan cek manual dan verifikasi paspor yang dilakukan oleh petugas imigrasi.

Seperti dilansir Kompas.com, layanan autogate di bandara Indonesia sebelumnya hanya tersedia untuk warga negara Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada 2014.

Sekarang, turis asing juga dapat menikmati layanan ini, meskipun masih terbatas untuk negara-negara di ASEAN, Australia, Selandia Baru dan Timor Leste. Selain itu, fasilitas ini hanya tersedia untuk mereka di aula keberangkatan.

Ronny juga mengatakan bahwa sistem autogate paspor telah diuji oleh pelancong asing yang merupakan peserta IMF dan Pertemuan Tahunan Bank Dunia di Bali tahun lalu. Selama masa percobaan itu, sistem berhasil menangani lebih dari 2.000 paspor.

Seperti yang ditampilkan dalam video yang diposting oleh Imigrasi Ngurah Rai, proses tersebut melibatkan pemindaian paspor seseorang, diikuti dengan sidik jari dan pemindaian wajah. Rangkaian ini hanya membutuhkan waktu sekitar 35 hingga 60 detik.



Komentar