HOT NEWS

Australia Akan Akuisisi MQ-4C Triton Ketiga, Nantinya Total 6 UAV yang Dioperasikan

Kamis, 18 Juni 2020 21:00
Penulis : Beny Adrian
Australia Akan Akuisisi MQ-4C Triton Ketiga, Nantinya Total 6 UAV yang Dioperasikan

MQ-4C Triton di Andersen Air Force Base, Guam. Sumber: US Navy

Angkasa.news - Australia telah mengumumkan rencana membeli tambahan Northrop Grumman MQ-4C Triton RPAS (Remotely Piloted Aircraft System. Jika jadi, akan menjadi Triton ketiga yang dioperasikan Australia.


MQ-4C Triton adalah pesawat tanpa awak HALE (high altitude long endurance) yang digunakan untuk patroli laut dan pengawasan lainnya. Triton dibangun berdasarkan pendahlunya RQ-4 Global Hawk.

Menteri Pertahanan Linda Reynolds mengatakan akuisisi Triton adalah bagian penting untuk melindungi perbatasan Australia dan membuat kawasan lebih aman.

"Begitu beroperasi, kemampuan ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan kami untuk secara terus-menerus berpatroli di wilayah maritim Australia dari Utara, di Pasifik Barat Daya dan turun ke Antartika," kata Reynolds.

“Armada sedang dikembangkan dan dibeli melalui Program Kerja Sama dengan Angkatan Laut AS. Program ini memperkuat kemampuan kami untuk mengembangkan kemampuan pengawasan maritim tingkat lanjut dan memastikan kemampuan kami tetap saling melengkapi dengan mitra keamanan kami, sambil berbagi manfaat dari keahlian teknis dan biaya,” tambahnya.

Keanggotaan Australia dalam Program Koperasi, menjadi jaminan bagi AS untuk menjual Triton ketiga. 

Proyek ini memberikan peluang signifikan bagi industri pertahanan Australia termasuk pembangunan fasilitas di Australia Selatan dan Northern Territory. 

"Lebih dari $ 475 juta akan dihabiskan secara lokal, dengan beberapa perusahaan Australia telah menyelesaikan pekerjaan produksi Triton untuk Northrop Grumman Corporation," kata Reynolds.

Kehadiran Triton akan melengkapi pesawat intai maritim P-8A Poseidon Angkatan Udara Australia.

Poseidon ke-12 pesanan Australia telah dikirim Desember 2019. Sejak itu, Poseidon telah dikerahkan dalam beberapa operasi di luar negeri.

Australia berencana membeli setidaknya enam MQ-4C melalui program kerja sama dengan Angkatan Laut AS. Pembelian Triton merupakan bagian dari program Project Air 7000 milik Angkatan Bersenjata Australia (ADF) untuk menggantikan pesawat P-3C Orion.

Maret tahun lalu diumumkan bahwa Pemerintah Australia menyetujui pembelian Triton kedua.

MQ-4C dapat terbang pada ketinggian 55.000 kaki selama 24 jam dan dilengkapi sensor yang memberikan citra resolusi tinggi dan pengiriman video secara real time

Alat sensor dapat memberikan tampilan 360 derajat hingga sejauh 2.000 mil laut. 

MQ-4C Triton pertama diharapkan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2023.

Total keenam Triton akan dioperasikan pada akhir 2025 dan berbasis di Pangkalan RAAF Edinburgh di Australia Selatan.



Komentar