HOT NEWS

Apakah Anjing Bisa Mengendus Virus Corona, Dokter dan Ahli Inggris Sedang Menelitinya

Sabtu, 28 Maret 2020 14:45
Penulis : Beny Adrian
Apakah Anjing Bisa Mengendus Virus Corona, Dokter dan Ahli Inggris Sedang Menelitinya

Nero, anjing militer yang ditugaskan Marinir AS, menerima US Military Working Dog Medal. Sumber: USMC

Angkasa.news – Manusia tengah berlomba untuk memerangi virus corona. Berbagai cara dilakukan, tidak sebatas medis. Karena sejarah memberikan catatan mulia, bahwa anjing berpotensi digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang terinveksi virus corona atau tidak.


Selama ini, anjing yang memiliki pencium kuat, telah digunakan secara luas oleh militer dan penegak hukum dalam mendukung tugasnya. Mereka biasa disebut anjing pelacak.

Dalam upaya memudahkan proses deteksi dan diagnosis orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19) inilah, beberapa dokter Inggris sedang menguji apakah anjing mampu mendeteksi penyakit menular ini. 

Menurut AFP, Jumat (27/3), Medical Detection Dogs Inggris bekerja sama dengan para ilmuwan tengah menguji apakah anjing dapat mendeteksi Covid-19 melalui indra penciumannya yang tajam.

Anjing-anjing akan bekerja dengan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM) dan Universitas Durham di Inggris untuk menentukan apakah anjing dapat membantu diagnosa.

Di masa lalu, anjing mampu mendeteksi aroma penyakit seperti malaria, yang menurut peneliti memiliki bau berbeda, seperti halnya penyakit lainnya. 

Ini berarti bahwa pada prinsipnya, anjing juga dapat mendeteksi virus corona. Menurut BBC, anjing pendeteksi medis berpotensi dilatih untuk mengetahui apakah seseorang menderita demam.

Deteksi dini virus adalah kuncinya, karena seseorang yang terinfeksi virus dapat bertahan dua minggu tanpa menunjukkan gejala, namun tetap menular selama periode itu. Kit uji rumit untuk diproduksi dan menghabiskan waktu, membuat deteksi lebih sulit lagi.

Dalam sebuah wawancara, Claire Guest, pendiri dan kepala Medical Detection Dogs mengatakan, mereka sekarang mencari cara bagaimana dapat dengan aman menangkap bau virus dari pasien dan memberikannya kepada anjing.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa, tujuannya adalah agar anjing dapat memeriksa siapa pun, termasuk mereka yang tidak menunjukkan gejala, dan memberi tahu kami apakah mereka perlu diuji.



Komentar